nusabali

Dilantik, Anggota DPRD Tabanan Boyong 2 Istri

  • www.nusabali.com-dilantik-anggota-dprd-tabanan-boyong-2-istri

Seluruh anggota dewan dan hadirin bersorak ketika I Wayan Widnyana yang boyong dua istrinya disebut untuk maju ke depan.

Kandidat Ketua Dewan, Made Dirga ‘Mendadak’ Cukur Kumis


TABANAN, NusaBali
Ada yang unik saat pelantikan atau pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Tabanan periode 2019-2024 hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Tabanan, Jalan Gatot Subroto No 14, Tabanan, Senin (5/8). Pertama, yakni anggota dewan dari PDIP, I Wayan Widnyana, yang hadir bersama dua istri, serta I Made Dirga, calon Ketua DPRD Tabanan yang sudah kantongi rekomendasi dari DPP PDIP yang berpenampilan baru dengan mencukur kumisnya.

Pantauan NusaBali, rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Tabanan (demisioner), Ketut ‘Boping’ Suryadi, Wakil Ketua DPRD Tabanan Ni Made Meliani dan dihadiri Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dan Wakil Bupati Tabanan, Komang Gede Sanjaya. Sumpah/janji jabatan dibacakan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tabanan, I Gusti Ayu Susilawati. Seluruh anggota dewan dan undangan tampak kompak mengenakan pakaian adat Bali.

Acara pelantikan kemarin dihadiri 400-an orang undangan dari berbagai kalangan. Di tengah upacara pelantikan, salah satu anggota dewan, I Made Dirga sekaligus calon Ketua DPRD Tabanan terlihat berpenampilan klimis dengan mencukur rapi kumisnya. Padahal sebelumnya, kumis cukup tebal merupakan salah satu ciri khas penampilan Dirga.

Saat diminta komentar atas penampilannya itu, Dirga mengatakan aksi cukur kumis yang dilakukan tidak ada unsur bayar kaul atau sejenisnya. Menurutnya kumis dicukur hanya untuk kerapian saja. "Biar rapi saja, sering dicukur, kalau sudah tua dicukur nanti tumbuh lagi yang baru biar regenerasi. Tidak ada yang lain karena rekomendasi," katanya usai pelantikan.

Sementara disinggung terkait persiapan program untuk memimpin DPRD Tabanan, Dirga politisi asal Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan mengakui tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari DPRD harus ditingkatkan. Seperti pengawasan, urusan aspirasi dan hal-hal yang menyentuh rakyat. "Ya lebih ke urusan yang menyentuh rakyat ditingkatkan lagi," tegasnya.

Disinggung terkait rekomendasi sebagai Ketua DPRD yang turun atas nama dirinya, Dirga mengaku sedikit terkejut. "Terkejut sedikit, sebelumnya tidak tahu, kalau sudah ambil rekomendasi baru tahu. Di pusat tidak bisa itu dilobi," kata Dirga peraih suara 12.153 pada Pileg 2019 dari Dapil I Tabanan-Kerambitan ini.

Selain penampilan baru Dirga, hal unik juga terjadi saat acara pemberian selamat anggota dewan baru. Seluruh anggota dewan dan hadirin bersorak ketika I Wayan Widnyana disebut untuk maju ke depan. Pasalnya Widnyana yang akrab disapa 'Regen' ini boyong dua istrinya sekaligus untuk ikut menghadiri pelantikan. Widnyana pun diapit oleh istri muda, Ni Wayan  Sriati dan istri tuanya, Ni Wayan Sri Pariti berdiri ke depan untuk menerima ucapan selamat dari para undangan.

Kedua istri anggota dewan (incumbent) dari PDIP asal Dapil Tabanan-Kerambitan ini, terlihat akur mendampingi suaminya. Sayangnya NusaBali tak berhasil mewawancarai Widnyana dan kedua istrinya terkait kekompakan mereka. Saat hendak diwawancara, Widnyana dan kedua istrinya itu sudah keburu meninggalkan gedung dewan.  

Sementara usai pelantikan, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan dengan sudah dilantiknya anggota dewan terpilih diharapkan mempunyai semangat yang baru. Sejatinya mereka ini adalah kader militan tinggal output dari mereka yang diperjuangkan.

"Mereka sudah berjuang dari nol sekarang mereka bisa aktif secara langsung secara politik dengan menjabat. Artinya mereka juga memiliki kewenangan dalam menentukan kebijakan ke depan khususnya dalam legislatif," jelas Bupati Eka.

Pada kesempatan tersebut turut pula diumumkan Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD sementara. Untuk ketua DPRD Tabanan sementara, I Nyoman ‘Komet’ Arnawa dari PDIP dan Wakil Ketua DPRD Tabanan sementara, Ni Made Meliani dari Golkar. Komet Arnawa sendiri sebelumnya sempat diusulkan DPC PDIP Tabanan untuk mendapat rekomendasi DPP PDIP sebagai Ketua DPRD Tabanan, namun dalam keputusannya DPP PDIP menunjukan I Made Dirga. Sedangkan sebelum acara pelantikan digelar didahului dengan upacara mejaya-jaya di Padmasana DPRD Tabanan. *des

Komentar