nusabali

40 Anggota DPRD Badung Ucapkan Sumpah dan Janji

  • www.nusabali.com-40-anggota-dprd-badung-ucapkan-sumpah-dan-janji

Bupati: Antara Eksekutif dan Legislatif Merupakan Kemitraan

MANGUPURA, NusaBali

Sebanyak 40 anggota DPRD Badung periode 2019-2024 resmi diangkat. Pengangkatan ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji yang dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Denpasar dalam Rapat Paripurna Istimewa Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Badung periode 2014-2019 dan Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Badung periode 2019-2024 di DPRD Badung, Senin (5/8).

Rapat Paripurna Istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Badung periode 2014-2019 Dr Drs Putu Parwata MK, tersebut juga dihadiri Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta dan Wabup Ketut Suiasa, jajaran Forkompinda, KPU Badung, Bawaslu Badung, dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Badung, serta para keluarga dari para anggota dewan terpilih. Tamu undangan sesuai catatan Sekretariat Dewan (Setwan) Badung berjumlah 515 undangan.

Menurut Parwata, peresmian ini untuk mewujudkan kedaulatan rakyat sesuai sila ke-4 setelah pemilu serentak 17 April 2019 lalu.

Setelah melalui proses, Gubernur kemudian menetapkan peresmian dan pemberhentian lewat SK. Setelah pembacaan SK Gubernur Bali oleh Sekretaris DPRD Badung, Nyoman Predangga, ke 40 anggota DPRD Badung periode 2019-2024 pun diambil sumpah dan janjinya dan dipandu oleh Kepala PN Denpasar, Bambang Eka Putra.

Berdasarkan hasil Pileg 2019, hanya 5 parpol yang berhasil meraih kursi DPRD Badung 2019-2024. PDIP memperoleh 28 kursi dari total 40 kursi atau kuasai 70,00 persen suara parlemen. Sedangkan Golkar berada di posisi kedua dengan 7 kursi DPRD Badung 2019-2024 atau kuasai 17,50 persen suara parlemen. Selanjutnya, Demokrat dan Gerindra sama-sama merebut 2 kursi DPRD Badung atau 5,00 persen suara parlemen. Satu parpol lagi, NasDem, hanya mengantongi 1 kursi DPRD Badung atau kuasai 2,5 persen suara parlemen.

Setelah membuka Rapat Paripurna, Putu Parwata menyerahkan palu pimpinan kepada Sekwan Predangga. Selanjutnya, ditunjuk pimpinan sementara DPRD Badung, yakni Putu Parwata dari PDIP dan Wayan Suyasa dari Partai Golkar.

Saat memberikan sambutan ketua sementara DPRD Badung, Putu Parwata mengucapkan puji syukur karena Rapat Paripurna Istimewa berjalan lancar. Dia pun mengajak semua anggota dewan untuk melakukan tugas-tugas pengabdian kepada masyarakat.

Parwata mengatakan pimpinan sementara mempunyai tugas untuk memimpin rapat-rapat, memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi, memfasilitasi tata tertib DPRD dan memproses pimpinan DPRD definitif. Sementara, Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, berharap DPRD menjaga kesucian alam Bali dan isinya. Muaranya untuk kebahagiaan sekala niskala berdasarkan Tri Saksi Bung Karno dan PPNSB. Yang perlu dijaga adalah tiga dimensi alam Bali, krama Bali dan budaya Bali.

Selain itu, DPRD juga diingatkan agar memaksimalkan tugas legislasi, anggaran dan pengawasan. “Sekali lagi selamat kepada Dewan yang telah terpilih dan selamat bertugas,” pesannya.

Bupati Giri Prasta usai menghadiri pelantikan 40 anggota DPRD Badung periode 2019-2024 menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPRD periode 2014-2019, karena sudah melaksanakan tugas konstitusi dengan baik dalam kemajuan pembangunan di Kabupaten Badung. “Untuk yang tidak terpilih, tetap akan kami ajak sebagai tokoh masyarakat bersama-sama membangun Badung,” ujarnya didampingi Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa dan Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa.

Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang, ini menambahkan seluruh anggota dewan terpilih harus mengikuti tugas-tugas konstitusi. “Antara eksekutif dan legislatif merupakan kemitraan. Jadi, harus selalu ada komunikasi yang baik,” lanjut Ketua DPC PDIP Badung ini. Apalagi lanjut Bupati Giri Prasta, semenjak 2016 Kabupaten Badung sudah menjalankan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB). Semesta.  *asa

Komentar