nusabali

MAN Karangasem Borong Juara KSM

  • www.nusabali.com-man-karangasem-borong-juara-ksm

MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Karangasem kuasai Lomba KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Karangasem Tahun 2019.

AMLAPURA, NusaBali

Dari enam mata pelajaran, semuanya disapu bersih. Begitu juga di kelompok SD, gelar juara diborong MIN (Madrasah Ibtidaiyah) Negeri 2 Karangasem, dari dua nomor mata pelajaran yang dilombakan.

Ketua Panitia KSM Tahun 2019, Asmuni, memaparkan hal itu usai lomba di MTs Negeri Amlapura, Jalan Gunung Agung Amlapura, Jumat (2/8).

KSM yang diselenggarakan setiap tahun, melombakan mata pelajaran untuk tingkat SD, SMP dan SMA, pesertanya se-Karangasem. Penyelenggaraannya dari Kantor Kementerian Agama Karangasem.

Khusus untuk lomba enam mata pelajaran di tingkat SMA, semua gelar juara dimenangkan MAN Karangasem. Di lomba mata pelajaran Matematika, dimenangkan Wisdom Hidayat Agung Nugroho, nomor mata pelajaran Kimia dimenangkan Listia Puji Astuti, nomor Biologi dimenangkan Athalia Ratnasari, nomor Fisika dimenangkan Ela Elviana, nomor Ekonomi dimenangkan Iffa Cipta Lestari dan nomor Geografi pemenangnya Trisna Ayu Aprilia.

Asmuni mengatakan, prestasi MAN Karangasem di luar dugaan, baru kali ini semua gelar juara dimenangkan MAN Karangasem. Padahal yang ambil bagian dalam lomba itu, adalah SMAN 2 Amlapura, SMAN 1 Amlapura dan MA Swasta.

SMAN 2 Amlapura hanya meraih medali perak di mata pelajaran Ekonomi melalui Erika Rahmawati dan medal perak satu lagi di mata pelajaran Geografi melalui Haykal Brilian Dito. Sedangkan di kelompok SD melombakan dua mata pelajaran, keduanya dimenangkan MIN 2 Karangasem masing-masing, nomor mata pelajaran Matematika dimenangkan Syahrul Ramadhani, nomor mata pelajaran IPA dimenangkan Pramitha Ryann Shakira.

Di nomor Matematika diikuti 27 siswa pintar, medali perak dimenangkan Dita Mustiana dari SDN 8 Karangasem dan medali perunggu dimenangkan Nabil Izza Rahman dari MI Amlapura.

Sedangkan di nomor IPA diikuti 28 siswa pilihan, medali perak nomor IPA diraih Kailani dari MI Nurul Ihsan dan medali perunggu dimenangkan Shofa Amalia Putri dari SD Negeri 4 Sidemen.

Sedangkan tiga gelar juara di tingkat SMP masing-masing: Fauzy Alam Sabillah dari MTs Ma’arif menjuarai Matematika, Sulthan Bashar Hariyanto dari MTsN Karangasem menjuarai IPS dan Salim Muafan dari MTsN Karangasem menjuarai IPA. “Kualitas prestasi siswa kali ini meningkat, dilihat dari skor dibukukan, dan pemenangnya mulai merata,” jelas Asmuni yang juga Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Karangasem.  *k16

loading...

Komentar