nusabali

Papan Nama Askara Bali Luntur

  • www.nusabali.com-papan-nama-askara-bali-luntur

Cukup risih dengan keberadaan papan nama yang sudah memudar tersebut. Seolah-olah wajah depan kantor camat menjadi seram.

Belum Genap Setahun Dipasang


NEGARA, NusaBali
Papan nama dengan aksara Bali di sejumlah instansi pemerintahan di Negara, Jembrana, belakangan tampak luntur. Papan yang dipasang untuk mengikuti Instruksi Gubernur Bali Nomor 2331 Tahun 2018 pada Oktober 2018 itu, tak ada yang menghiraukan.

Luntur dan memudarnya papan nama yang sebelumnya dipasang menggunakan bahan vinyl, itu seolah merusak wajah kantor. Seperti tampak pada papan nama di Kantor Camat Jembrana, Jalan Sudirman, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana. Papan nama yang sebelumnya berlatar warna merah-putih, itu tampak sudah tidak cerah seperti waktu awal dipasang. Bagian latar warna yang sebelumnya berwarna merah, kini tampak berwarna agak kekuningan.

Selain pengaruh alam, memudarnya papan nama di kantor camat itu juga diduga karena pengaruh kualitas vinyl yang digunakan. Pasalnya beberapa papan nama dengan bahan serupa yang juga dipasang dengan waktu bersamaan di beberapa instansi lainnya, seperti papan nama Kantor Bupati Jembrana maupun DPRD Jembrana, tampak masih bagus.

Camat Jembrana I Made Leo Agus Jaya, Jumat (2/8), mengaku cukup risih dengan keberadaan papan nama yang sudah memudar tersebut. Seolah-olah wajah depan kantor camat menjadi seram, dan kurang enak dipandang. “Tetapi, sebelumnya papan nama itu memang disediakan secara darurat. Anggarannya swadaya dan memang tidak dibuat permanen,” ujar Leo yang masuk sebagai Camat Jembrana pada Februari 2019 ini.

Menurutnya, papan nama yang sudah tampak pudar itu, juga sudah dipikirkannya agar diganti. Untuk penggatiannya akan berusaha diusulkan pada APBD Perubahan tahun ini atau tahun 2020 nanti. “Sudah ada rencana kami usulkan anggarannya. Nanti apakah sekalian permanen atau bagaimana, tergantung dalam pembahasan APBD nanti,” ucapnya.*ode

Komentar