nusabali

Kominfo Awasi Penggunaan Wifi Gratis

  • www.nusabali.com-kominfo-awasi-penggunaan-wifi-gratis

Tiap Kecamatan memiliki Tim Koordinator memantau wifi gratis yang disediakan Pemkab Badung. Perbekel dan kelian juga diminta membantu mengawasi.

MANGUPURA, NusaBali

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemerintah Kabupaten Badung telah menyelesaikan pemasangan wifi gratis, baik di objek wisata, lingkungan pemerintahan, sekolah, rumah sakit, kantor kecamatan, kantor desa, hingga ke banjar-banjar. Pemerintah berharap jaringan internet gratis ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Mengingat internet kini berkembang pesat, Dinas Kominfo Badung mengimbau masyarakat Badung untuk menggunakannya dengan cerdas, sehingga tidak terjerumus ke hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Kepala Dinas Kominfo Badung, I Wayan Weda Dharmaja, mencontohkan betapa sekarang ini media sosial kerap menyebar informasi yang belum tentu benar. Untuk itu, dia menilai pada era saat ini penting memberikan literasi media kepada masyarakat luas, terutama generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah, supaya tidak lekas percaya dan menelan mentah-mentah informasi yang beredar.

"Sekarang gampang orang mengakses informasi, tapi mari cek dulu kebenarannya, jangan lantas lansung percaya. Kalau kebenaran jelas dan bermanfaat, mari kita gunakan untuk mengembangkan potensi diri," kata Weda Dharmaja, Jumat (2/8).

Diskominfo Badung, kata Weda Darmaja, kini juga membentuk tim koordinator per kecamatan. Tugasnya, memantau wifi gratis yang disediakan Pemkab Badung, baik segi kelancaran dan yang lain. Di samping itu, lanjutnya, perbekel dan kelian juga diminta membantu melakukan pengawasan. "Siapapun kan bisa mengakses internet karena tanpa password, makanya mari kita awasi bersama," harap birokrat asal Desa Sembung, Kecamatan Mengwi ini.

"Sejauh ini belum ada keluhan dari masyarakat terkait wifi gratis yang disediakan masyarakat. Mudahan-mudahan seterusnya lancar," tukasnya.

Untuk diketahui, pemasangan wifi gratis telah dilakukan bertahap sejak tahun 2018. Perinciannya meliputi di 6 kantor camat, 62 desa/kelurahan, 249 SD, 22 SMP, 13 Puskesmas, 54 Pustu, 555 Banjar dan Lingkungan serta 33 objek wisata.

Sementara, pada beberapa kesempatan, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta juga mengingatkan agar menggunakan akses internet dengan benar untuk mewujudkan Indonesia hebat. Pihaknya tidak ingin penggunaan internet, terlebih masyarakat kini dimudahkan dengan tersedianya wifi gratis, justru disalahgunakan untuk kepentingan yang negatif. *asa

loading...

Komentar