nusabali

Warga Lapas Kerobokan Ikuti Yoga Ketawa dan Tampilkan Tari Kecak

  • www.nusabali.com-warga-lapas-kerobokan-ikuti-yoga-ketawa-dan-tampilkan-tari-kecak

Ratusan warga binaan Lapas Kelas III Denpasar di Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Badung, mengikuti yoga ketawa, memperingati Hari Yoga Internasional, Minggu (19/6).

DENPASAR, NusaBali

Yoga ketawa merupakan gagasan dari Putu Wisten, selaku pencetus Bali Mepantigan dan Bali Ngakak.“Bali ngakak ini menggabungkan unsur seni, budaya, dan kebersamaan yang dibalut dalam kebahagiaan. Kegiatan ini juga diharapkan mampu membina kebersamaan, mental, budi pekerti, dan mengenalkan budaya Bali,” kata Wisten.

Menurutnya, kegiatan seperti ini pertama kali ada di Indonesia yang melibatkan penghuni lapas. Yoga ketawa diikuti oleh 200 warga binaan lapas, di antaranya 30 orang perempuan. Selain yoga ketawa, di akhir acara ada hal spesial yang disuguhkan oleh warga binaan, salah satunya Tari Kecak. Para penari ini rutin dilatih oleh Bali Mepantigan.

Wisten menuturkan, ide yoga ketawa bermula dari keinginannya untuk membuat sesuatu yang berbeda. Akhirnya tercetuslah Bali ngakak. “Bali ngakak ini tercetus saat saya berfikir hal unik apa yang bisa saya tuangkan untuk membantu teman-teman di lapas. Muncullah ide Bali ngakak. Ngakak itu bahasa Indonesia-nya tertawa.”

“Kami sangat senang, latihan menari ini bermanfaat untuk kami dan bisa membantu kami belajar seni, sehingga bisa kami terapkan nantinya setelah keluar dari sini,” ungkap salah satu penghuni lapas, CK, 29. 7 cr63

Komentar