nusabali

BI Ajak Milenial Jaga Stabilitas Sistem Keuangan

  • www.nusabali.com-bi-ajak-milenial-jaga-stabilitas-sistem-keuangan

Bank Indonesia  Kantor Perwakilan Wilayah Provinsi Bali (KPw BI Bali) mengajak anak muda ikut berpartisipasi menjaga stabilitas sistem keuangan (SSK).

KUTA, NusaBali

Hal itu dilakukan dengan memperkenalkan fungsi makroprudensial yang diemban Bank Indonesia yang merupakan salah satu peran BI mewujudkan stabilitas sistem keuangan di Indonesia. Kalangan anak muda atau  generasi milenial  adalah kalangan bloger dan mahasiswa dan yang lainnya.

“Blogger dan mahasiswa Bali menjadi salah satu prioritas kami dalam melakukan edukasi publik,” ujar Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho, Selasa (30/7).  Trisno Nugroho  yakin bloger dan mahasiswa  salah satu dari kelompok masyarakat yang muda cerdas dan antusias.

“Kami meyakini adik-adik blogger dan mahasiswa akan meneruskan edukasi ini kepada teman-teman, turut serta menjadi perpanjangan tangan Bank Indonesia untuk mencerdaskan masyarakat terkait SSK dan kebijakan makroprudensial,” ucap pengganti Causa Iman Karana, Kepala KPw BI Bali sebelumnya, yang pindah jadi KpwBI di Tokyo Jepang.

Sementara kebijakan makroprudensial berorientasi pada sistem keuangan secara keseluruhan dan memitigasi risiko sistemik.

“Risiko sistemik merupakan peningkatan ketidakpastian dalam sistem keuangan dan dapat mengakibatkan hilangnya kepercayaan publik, sehingga sistem keuangan tidak dapat berfungsi dengan baik dan mengganggu jalannya perekonomian,” beber Juda Agung, Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia.

Kebijakan makroprudensial yang ditetapkan Bank Indonesia akan efektif apabila dipahami dan direspons positif oleh publik, Acara ini dihadiri oleh sekitar 300 peserta, terdiri dari blogger dan mahasiswa.

Menurut  Trisno Nugroho, kegiatan pengenalan makroprudensial adalah yang keempat kali, setelah di Jakarta, Palembang dan Yogyakarta.  *K17

Komentar