nusabali

Bandara Ngurah Rai Layani 47 Rute Internasional

  • www.nusabali.com-bandara-ngurah-rai-layani-47-rute-internasional

Untuk meningkatkan kunjungan wisman, Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung sudah melayani 47 rute penerbangan internasional dari 42 maskapai nasional maupun Internasional.

MANGUPURA, NusaBali

Dari total tersebut, ada 34 maskapai internasional yang terbang langsung dari 17 Negara ke bandara Ngurah Rai, sementara, 8 maskapai lainnya berasal dari Indonesia yang melayani rute internasional. Adapun maskapai nasional yang melayani rute internasional masing-masing Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Nam Air, Air Asia, Wings Air.

"Saat ini, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai melayani 47 rute penerbangan internasional dari beberapa kawasan, yaitu Asia, Australia, Timur Tengah, dan Eropa. Tercatat, terdapat 34 maskapai internasional yang berasal dari 17 negara yang menghubungkan Bali dengan berbagai negara di dunia," terang Communication and Legal Section Manager, Arie Ahsanurrohim saat ditemui, Selasa (30/7) sore.

Dalam catatan AP I pada semester I tahun  ini, Ngurah Rai melayani beberapa rute internasional baru, baik dari maskapai yang sebelumnya sudah beroperasi, maupun maskapai yang benar-benar baru membuka rute penerbangan ke Bali. Dengan adanya rute baru ini, diharapkan bisa menggenjot kunjungan wisman ke Bali.

"Dengan adanya tambahan rute penerbangan Internasional ini, tentu sangat diharapkan bisa menggenjot pertumbuhan wisatawan. Ini yang memang kita harapkan selama ini. Namun, seiring pertumbuhan itu, tentu harus ada berbagai upaya dalam perluasan bandara yang berimbas pada slot penerbangan ke depannya," aku Arie.

AP I juga mewacanakan penambahan slot penerbangan Internasional per jamnya. Dimana, sebelumnya hanya melayani 30 penerbangan, kedepannya akan ditambah dua penerbangan menjadi 32 per jam.

"Kami telah melakukan koordinasi dan sinergi dengan banyak pihak untuk hal ini, salah satunya adalah melakukan optimalisasi operasional penerbangan sehingga akan menambah slot penerbangan,” tambahnya optimistis.

Untuk diketahui, maskapai Internasional yang melakukan penerbangan langsung ke Bandara Ngurah Rai diantaranya China Airlines, Air Asia, Air New Zaeland, Scoot, China Southern Airlines, Cebu Pasific, Jet Star, Malaysia Airlines, Hongkok Airlines, Emirates, dan lain-lain.

"Maskapai ini membawa wisatawan mancanegara untuk datang berlibur ke Bali dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, ada beberapa maskapai yang baru mulai melayani rute langsung per awal Januari 2019 ini. Tentu harapannya, semakin banyak lagi maskapai yang melayani rute penerbangan langsung dari mancanegara ke Bali," rincinya. *dar

Komentar