nusabali

Desa Abang Batudinding Bagikan Ratusan Tangki Air

  • www.nusabali.com-desa-abang-batudinding-bagikan-ratusan-tangki-air

Bantuan tangki air memanfaatkan dana desa, satu unit tangki air dengan anggaran Rp 600 ribu.

BANGLI, NusaBali

Pemerintah Desa Abang Batudinding, Kecamatan Kintamani, membagikan ratusan tangki air kepada warga. Pembagian tangki air ini merupakan program desa untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan air bersih. Tahun anggaran 2019 ini, bantuan difokuskan di Banjar Bubung. Desa Abang Batudinding mewilayahi 6 banjar yakni Dukuh, Suter, Bubung, Klakat, Paselatan, dan Behulu.

Perbekel Desa Abang Batudinding, I Made Diksa, mengungkapkan program bantuan tangki air berdasarkan usulan pada musyawarah desa tahun 2018. Warga membutuhkan tangki air untuk menyimpan air akibat Desa Abang Batudinding minim sumber air. “Memang ada beberapa sumber mata air, namun tidak bisa menjangkau seluruhnya sehingga warga menampung air hujan,” jelas Made Diksa, Minggu (28/7).

Dijelakan, tahun ini tangki air dibagikan kepada 130 kepala keluarga. Tangki ini menampung 500 liter air. Warga yang mendapat bantuan tangki air difokuskan di Banjar Bubung. Tahun depan program ini dilanjutkan sehingga warrga merata mendapat bantuan. “Total warga kami sebanyak 817 KK, harapan tahun depan bisa dilanjutkan. Memang ada warga yang sudah memiliki tangki, bantuan ini menyasar warga yang belum punya tangki air,” jelasnya.

Program bantuan tangki air memanfaatkan dana desa. Satu unit tangki air dengan anggaran Rp 600 ribu. Selain bantuan tangki air, pada tahun 2018 pemerintah desa telah membuat tempat penampungan air sehingga sekarang air bisa dialirkan ke tempat penampungan di rumah-rumah warga. “Bertahap, tahun lalu kita buat tempat air, tahun ini warga dibantu tangki air. Air di penampungan bisa dialirkan ke tangki warga,” jelasnya. Dalam pemenuhan kebutuhan air, Desa Abang Batudinding juga dapat bantuan program Pamsimas. Dalam waktu dekat dibangun embung. *esa

Komentar