nusabali

I Dewa Ayu Komang Kinara Borong Juara Tari Condong dan Pendet

  • www.nusabali.com-i-dewa-ayu-komang-kinara-borong-juara-tari-condong-dan-pendet

Hari raya identik dengan berbagai acara persembahyangan. Namun tidak hanya itu, hari raya juga disemarakkan dengan berbagai kegiatan publik, seperti perlombaan seni tradisional yang diikuti oleh berbagai kalangan.

DENPASAR, NusaBali.com

I Dewa Ayu Komang Kinara, misalnya.  Penari belia ini berhasil menyabet dua gelar juara dalam lomba tari Bali bartajuk ‘Lila Cita Galungan’ yang diadakan di Plaza Renon Denpasar,  Sabtu (27/7/2019).  Prestasi ini diperoleh setelah bersaing dengan 67 peserta lainnya di dua kategori, yaitu Tari Pendet A dan Tari Condong A. 

Lomba yang terbagi dalam empat kategori ini menampilkan bakat-bakat muda dalam menampilkan dua tarian Bali, yaitu Tari Pendet dan Tari Condong. Masing-masing kategori tarian ini dibagi lagi dalam dua kategori, yaitu kategori A yang diikuti oleh peserta berusia 6-8 tahun, dan kategori B yang diikuti oleh peserta berusia 9-12 tahun. 

Selain I Dewa Ayu Koman Kinara, sejumlah nama lain juga diumumkan sebagai pemenang event ini. Komang Putri Kesha Martayani berhasil meraih juara I pada kategori Tari Pendet B, dan menyusul kemudian I Ketut Dian Devia Iswari sebagai juara I pada kategori Tari Condong B

Event yang terbuka untuk umum ini juga memiliki tujuan edukasi, yaitu sebagai sarana untuk menyalurkan bakat dan meningkatkan kepercayaan diri dalam diri anak-anak melalui kompetisi.  “Ini juga merupakan sarana untuk anak-anak menyalurkan bakat-bakat mereka, dari yang hanya menari di sanggar, mereka jadi bisa tampil di depan umum dan lebih percaya diri,” ujar Endang Wulandari, selaku penyelenggara lomba. 

Event ‘Lila Cita Galungan’ ini tidak hanya terbatas pada lomba tari saja. Selain lomba Tari Bali, juga akan diadakan lomba Fashion Show untuk anak-anak pada Minggu (28/7/2019). Dan yang lebih menarik lagi, event ini tidak hanya terbatas pada peringatan hari raya saja, melainkan juga peringatan hari-hari besar lainnya. 

“Kita akan sesuaikan dengan tema. Bulan ini kita ikut tema Galungan dan Kuningan. Untuk bulan Agustus depan, akan bertema Kemerdekaan,” tambah wanita yang akrab disapa Mbak Wulan tersebut.*yl

Komentar