nusabali

Desa Purwayu Bangun Terminal di Banjar Lebuh

  • www.nusabali.com-desa-purwayu-bangun-terminal-di-banjar-lebuh

Desa Adat Purwayu, Desa Tri Buana, Kecamatan Abang, Karangasem, membangun terminal untuk memudahkan pamedek ke Pura Sad Kahyangan Lempuyang.

AMLAPURA, NusaBali
Terminal dibangun di atas lahan 25 are di Banjar Lebuh, Desa Adat Purwayu. Pengerjaannya selama dua minggu secara swadaya dari tanggal 7-21 Juli.

Bendesa Adat Purwayu, I Nyoman Jati, mengatakan selama ini kendaraan kebanyakan parkir di bahu jalan sehingga berinisiatif membangun terminal. Lahan terminal di daerah lembah sehingga membangun senderan setinggi 5 meter, keliling di lahan 25 are. “Kalau sudah masyarakat gotong royong, terminal ini hanya dikerjakan dua minggu. Semuanya swadaya, menggunakan excavator juga swadaya,” katanya, Jumat (26/7).

Dikatakan, terminal itu sebelumnya difungsikan untuk kebun cengkih. “Kami tidak gunakan RAB, kami tidak menghitung, asal membutuhkan semen dan pasir kami datangkan. Kami belum menghitung penghabisan dana, rencana ke depan kami pasang paving agar tidak licin di musim hujan,” tambahnya. Berkat adanya Terminal Banjar Lebuh, maka pamedek lebih banyak kendaraan ke Terminal Banjar Lebuh. Ketua Panitia Pembangunan Pura Sad Kahyangan Lempuyang, I Wayan Putu Aryawan mengapresiasi inovasi Bendesa Adat Purwayu membangun terminal untuk memudahkan kendaraan pamedek. *k16

Komentar