nusabali

Bupati Kaget Terima Laporan 117 Koperasi Non Aktif

  • www.nusabali.com-bupati-kaget-terima-laporan-117-koperasi-non-aktif

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengaku kaget dapat laporan koperasi tidak aktif di Karangasem. Dari 320 koperasi, sebanyak 117 non aktif.

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Koperasi diminta buat terobosan untuk menghidupkan kembali koperasi-koperasi non aktif. Dinas Koperasi juga ditugaskan mencari tahu penyebab ratusan koperasi itu tidak beroperasi lagi.

Bupati Mas Sumatri mengaku prihatin, bukannya prestasi koperasi dari tahun ke tahun meningkat, justru jumlah koperasi yang tidak sehat mengalami kenaikan. “Kami akan rumuskan, mencari solusi untuk menghidupkan seluruh koperasi itu. Tujuannya agar aset masyarakat di desa-desa terselamatkan,” ungkap Bupati Mas Sumatri saat menghadiri HUT ke-72 Koperasi di aula UPT Dinas Pertanian Kecamatan Rendang, Jumat (19/7). Banyaknya koperasi non aktif menyisakan tanya, apakah kurang modal atau kurang sumber daya manusia yang berkualitas.

Sementara Ketua Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Karangasem I Gede Ngurah Indrayana mengakui banyaknya koperasi yang dibubarkan. Data terbaru, setelah audit sebanyak 117 koperasi non aktif. “Kami telah berupaya keras melakukan pembinaan. Masyarakat terkesan tidak bangga lagi jadi anggota koperasi,” jelas Ngurah Indrayana. Dekopinda juga berupaya meningkatkan kualitas SDM dengan menggelar uji kompetensi keahlian. Setelah didata 117 koperasi non aktif, yang wajib RAT tahun 2019 sebanyak 203 koperasi, kenyataannya yang RAT sebanyak 147 koperasi. *k16

Komentar