nusabali

Arus Lalin Jalur Baturiti Padat Merayap Selama Sejam

  • www.nusabali.com-arus-lalin-jalur-baturiti-padat-merayap-selama-sejam

Jalur Denpasar–Singaraja via Baturiti, Kabupaten Tabanan sempat padat merayap saat Umanis Galungan pada Wraspati Umanis Dunggulan, Kamis (25/7).

TABANAN, NusaBali

Hal ini karena Sasuhunan Pura Pucak Sari Desa Apuan ngiring ke Pura Anyar Desa Baturiti, Kecamatan Baturiti yang diikuti ratusan pamedek. Menyikapi kondisi tersebut, polisi melakukan pengaturan arus lalu lintas dengan sistem buka tutup.

Kapolsek Baturiti Kompol I Nengah Sudiarta mengatakan arus lalu lintas padat terjadi mulai sekitar pukul 15.00 Wita sampai dengan pukul 16.00 Wita. Namun polisi tak sampai melakukan pengalihan lalin. Sebab sudah memakai sistem buka tutup. “Pamedek tak sampai menggunakan seluruh badan jalan, hanya sebagian,” ujarnya, Kamis kemarin.

Dikatakannya, sesuai dengan pantauan pamedek Desa Apuan yang ngiring sasuhunan lunga ke Pura Anyar, Kecamatan Baturiti, Tabanan, pemberlakuan arus lalu lintas buka tutup hanya berlaku satu jam. “Hanya satu jam kami berlakukan arus buka tutup, dari pukul 15.00 sampai dengan 16.00 Wita. Untuk pengaturan arus lalu lintas kami lakukan bersama personil Polres Tabanan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan anggota Polsek Baturiti,” tutur Kompol Sudiarta.

Menurut dia, di Pura Anyar Baturiti sedang berlangsung pujawali. Pada Wraspati Umanis Dunggulan, Kamis (25/7), upacrara nyineb sehingga sasuhunan Ida Bhatara Pura Pucak Sari Desa Apuan lunga.

Ditambahkan Kompol Sudiarta, jalur Baturiti pada merayap juga disebabkan oleh masyarakat yang berlibur ke tempat wisata karena bertepatan dengan Umanis Galungan. “Banyak masyarakat yang berwisata sehingga kendaraan lebih padat daripada hari biasa,” tandasnya. *des

loading...

Komentar