nusabali

Diminati Wisatawan Asing, Bupati Akan Benahi Fasilitas Kapal Roro

  • www.nusabali.com-diminati-wisatawan-asing-bupati-akan-benahi-fasilitas-kapal-roro

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau Pelabuhan Kapal Roro (roll on-roll off) di Pelabuhan Sampalan, Kecamatan Nusa Penida, Kamis (25/7).

SEMARAPURA, NusaBali

Bupati berjanji untuk membenahi fFasilitas kapal  ini, terutama karena kapal ini makin  diminati wisatawan asing yang berkunjung ke Nusa Penida.

Dalam kunjungan itu, Bupati didampingi Kepala UPT Pengeloloan Prasarana Teknis Perhubungan Nusa Penida I Wayan Sudiana, dan Camat Nusa penida I Komang Widyasa Putra. Dalam tinjauannya,  Bupati Suwirta melihat suasana perubahan terjadi di penumpang di Kapal Roro. Ternyata 90 persen penumpang kapal ini adalah wisatawan mancanegara. Selama ini kapal roro makin diminati warga dan para wisatawan karena dirasakan ada kenyamanan dan keamanan berkunjung ke Pulau Nusa Penida.

Bupati Suwirta berharap bisa memenuhi keinginan masyarakat lokal Nusa Penida maupun wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida. Ke depan dirinya akan memperbaiki lagi fasilitas kapal. Perbaikan itu dengan memodifikasi dan penambahan asesoris penunjang kenyamanan. Dengan demikian, kapal ini semakin diminati oleh wisatawan mancanegara.

"Kami tidak bisa menuntut kapal ini agar menghasilkan saja. Tetapi, apa yang kami lakukan untuk memperbaiki kapal ini, sehingga masyarakat dan wisatawan nyaman dengan transportasi ini, " ujar Bupati Suwirta

Dia mengimbau kepada Kepala UPT Pengeloloan Prasarana Teknis Perhubungan Nusa Penida agar meningkatkan kinerjanya dalam pengawasan. Kapal mesti dicek secara berkala agar keselamatan penumpang makin terjaga. Pihak pengelola kapal juga diminta profesional dalam manjalankan tugasnya.

Kepala UPT Pengelolaan Prasarana Teknis Perhubungan Nusa Penida I Wayan Sudiana mengatakan, Kapal Roro Nusa Jaya Abadi sendiri sudah melayani penyeberangan Padangbai - Nusa Penida dengan trip dua kali sehari. "Kapal Roro Nusa Jaya Abadi mampu mengangkut 182 penumpang, termasuk berbagi jenis kendaraan,’’ jelasnya.

Lanjuy dia, jika warga ataupun wisatawan yang berencana berkunjung ke Nusa Penida dan bawa kendaraan sendiri, maka Kapal Roro Nusa Jaya Abadi akan menjadi pilihan utama. *wan

Komentar