nusabali

Bupati Serahkan BKK Rp 1,8 Miliar untuk Upacara di Desa Adat Sobangan

  • www.nusabali.com-bupati-serahkan-bkk-rp-18-miliar-untuk-upacara-di-desa-adat-sobangan

Bupati I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana bantuan keuangan khusus (BKK) sebesar lebih dari Rp1,8 miliar untuk mendukung pelaksanaan Karya Agung Mamungkah, Ngenteg Linggih, Ngusaba Desa, Ngusaba Nini, Menawa Ratna, Tawur Balik Sumpah Utama pada Redite Paing Dunggulan, Minggu (21/7).

MENGUPURA, NusaBali
“Bantuan dana upakara sebesar Rp 1,8 miliar lebih ini merupakan wujud komitmen dan dukungan Pemkab Badung dalam membantu dan meringankan beban masyarakat,” ujar Bupati Giri Prasta seperti dilansir Antara, Senin (22/7).

Bupati Giri Prasta juga sempat melaksanakan prosesi mendem pedagingan di salah satu palinggih dilanjutkan dengan masimakrama dengan pangempon Desa Adat Sobangan. Hadir pula Panglingsir Puri Agung Mengwi AA Gde Agung, anggota DPRD Provinsi Bali I Nyoman Laka, Direktur PDAM Tirta Mangutama I Ketut Golak, Kasi Trantib mewakili Camat Mengwi Ida Bagus Suryana, Perbekel Desa Sobangan I Ketut Tirtayasa, tokoh masyarakat Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi yang juga anggota DPRD Badung terpilih, serta tokoh Masyarakat setempat.

Disampaikannya, Pemkab Badung ikut serta dalam upacara piodalan ini serta memberikan bantuan upakara sebesar Rp 1,8 miliar lebih. Pemkab Badung komit membantu dan meringankan beban masyarakat, baik kebutuhan pribadi masyarakat Badung seperti kesehatan, pendidikan gratis, PBB gratis, serta kebutuhan komunal masyarakat seperti pengeluaran (peson-peson) upakara, upacara, perbaikan pura, balai banjar, dan lainnya. “Agar masyarakat tidak terlalu dibebani dalam melaksanakan upacara besar seperti ini, maka dari itu Pemkab Badung sangat komit dan akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Kami harapkan ekonomi masyarakat Badung meningkat dan astungkara kemiskinan akan turun hingga nol persen,” katanya.

Ketua Panitia Karya I Made Oka Suarya, menyampaikan banyak terima kasih kepada bupati yang telah membantu karya piodalan di Desa Adat Sobangan. “Upacara seperti ini sempat dilaksanakan krama Desa Adat Sobangan pada 1952, dan tahun ini kembali dilaksanakan berkat bantuan Bapak Bupati,” ucapnya. *asa

Komentar