nusabali

Hewan Ternak Warga Julah Mati Misterius

  • www.nusabali.com-hewan-ternak-warga-julah-mati-misterius

Teror sejak tahun 2018 semakin menjadi-jadi. Lubang sebesar tangan menguras habis jeroan. Warga pun tak berani mengolah bangkai yang tetap utuh.

Ditemukan Lubang, Jeroan Hilang Tak Berbekas


SINGARAJA, NusaBali
Peristiwa misterius saat ini tengah meneror warga Desa Julah, Kecamatan Tejakula, Buleleng. Puluhan hewan ternak warga setempat mati mendadak dan sangat misterius. Bahkan pemiliknya menemukan sebuah lubang di bagian perut dengan kondisi bangkai hewan tanpa jeroan.

Kejadian misterius itu pun dibenarkan oleh Kelian Desa Pakraman Julah, Jro Kubayan Ketut Sidemen saat dikonfirmasi Senin (22/7) sore kemarin. Peristiwa misterius yang melanda warga Desa Julah itu sudah terjadi sejak tahun 2018. Akumulasinya ada puluhan hewan yang tewas dengan ciri-ciri yang sama dan masih menyisakan misteri.

“Banyak kejadian sudah dari 2018 lalu, ada babi, godel, sapi dewasa dan juga bibit babi yang baru dibeli. Awalnya biasa saja karena tidak terlalu ditanggapi warga secara serius, tetapi belakangan ada lagi bahkan banyak yang terakhir pas sugihan jawa (Buda Pon Sungsang, Rau (17/7),red) ada yang lapor babinya mati,” ujar Jro Kubayan Sidemen.

Yang menjadi misteri menurutnya, pada bangkai hewan yang ditemukan tewas begitu saja di kandang dan kebun warga ditemukan lubang di bagian perut yang hanya cukup memasukkan satu tangan. Saat diperiksa bagian jeroan hewan itu pun telah hilang. “Ini cukup mengkhawatirkan bagi warga kami, apalagi kemarin ada yang sampai nangis datang ke kami, masadu bibit babi yang baru dibelinya mati misterius. Ini juga kami anggap ancaman serius, karena cukup meresahkan,” imbuh dia.

Situasi yang mencekam itu pun sempat ditindak lanjuti warga setempat. Warga yang memiliki hewan ternak sempat berjaga di kebunnya pada malam hari. Namun hingga kini belum ada yang menemukan siapa dalang pembantaian hewan-hewan ternak mereka. Kondisi itu pun disebut Jro Kubayan akan segera naik ke paruman yang rencananya akan dilakukan pada hari ini serangkaian dengan pembuatan penjor di Pura Bale Agung Julah.

Jro Kubayan Sidemen juga merencanakan akan menanyakan kejadian itu kepada orang pintar. “Lubangnya itu bukan seperti sayatan atau gigitan hewan, rasanya kalau dilakukan manusia itu tidak mungkin, tapi kami juga tidak tahu ini sebenarnya apa dan pelakunya siapa,” jelas dia. Bangkai-bangkai hewan ternak warga selama ini yang mati misterius pun langsung dikubur pemiliknya. Saking misteriusnya tak ada satu pun bangkai hewan ternak itu yang diolah dan dikonsumsi.

Sementara itu Kapolsek Tejakula, AKP Wayan Sartika mengaku sudah memonitor info tersebut. Pihaknya pun mengaku sudah mulai melakukan penyelidikan, meski laporan resmi dari warga belum diterimanya. “Kemungkinan anjing liar, tetapi kami masih mendalami kasus ini dan melakukan penyelidikan,” jawabnya saat ditanya soal penyebab tewasnya hewan ternak warga Julah secara misterius.*k23

Komentar