nusabali

UMKM Bali Pameran ke Pontianak

  • www.nusabali.com-umkm-bali-pameran-ke-pontianak

Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diharapkan terus berkembang dan semakin kuat menjadi salah satu potensi kekuatan ekonomi.

DENPASAR, NusaBali

Karena itu setiap ada peluang, untuk mempromosikan produk UMKM menjajal pasar, diupayakan diikuti. Di antaranya  di Plattec Expo 2019 di Pontianak, Kalimantan Barat. “Kita kirim UMKM yang unggulan dan sesuai dengan kemungkinan potensi pasar di lokasi tujuan,” ujar Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali Putu Widarti, Minggu (21/7).

Diharapkan lewat pameran tersebut, produk UMKM Bali semakin dikenal pasar. “Atau bisa menjalin kemitraan untuk bahan baku, dan   perluasan pasar,” ujarnya.

Kata Widarti, bisa jadi ketika berpameran transaksi tak seberapa atau  atau sedikit. Namun yang tak kalah penting adalah pasca pameran. Produk UMKM Bali makin dikenal luas, sehingga kontrak bisnis atau transaksi susulan lebih meluas. “Dari pengalaman, biasanya setelah ikut pameran ada jalinan kemitraan atau kontrak,”  ujar Widarti.

Sebelumnya empat UMKM Bali mengikuti pameran dalam Platec Expo di Pontianak  pada Kamis (18/7) sampai Senin (22/7). Keempat UMKM tersebut  Jegeg Tribusana dari dari Jalan Diponegoro, Denpasar (fesyen), Sekar Wangi (produk cream berbahan minyak kelapa dari Apuan, Bangli),  Pertenunan Astiti (produk tenun tradisional dari Klungkung) dan Bali Rajut (produk rajutan dari Sangkaragung, Jembrana).

I Nyoman Sudira, salah seorang pelaku UMKM pemilik tenun Astiti mengatakan transaksi di pameran tentu relatif. “Kadang ramai, kadang sepi,” ujar Sudira. Pelaku UMKM seperti Sudira, tentu berharap transaksi yang banyak. Namun kalau memang sepi atau kecil, tentu tidak bisa dipaksakan agar transaksi banyak. “Yang pasti promosi itu sudah pasti,” ujar Sudira. *k17

loading...

Komentar