nusabali

Inovasi Batik dan Fish-Go Masuk Top 99 Sinovik, Badung Raih Penghargaan dari Menteri PAN-RB

  • www.nusabali.com-inovasi-batik-dan-fish-go-masuk-top-99-sinovik-badung-raih-penghargaan-dari-menteri-pan-rb

Pemkab Badung menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) atas program inovasi Badung Kantong Plastik (Batik) dan Fish-Go, yakni aplikasi untuk mendeteksi keberadaan ikan di laut.

MANGUPURA, NusaBali

Inovasi Batik dan Fish-Go pun berhasil mendapat top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) Nasional 2019. Inovasi Batik masuk top 99 Sinovik pada kategori lingkungan, sedangkan Fish Go salah satu inovasi yang masuk kategori ekonomi. Fish-Go adalah juara satu Innovation Festival (Innofest) Kabupaten Badung tahun 2017.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri PAN dan RB Drs Syafruddin di Kota Semarang, Jawa Tengah, diterima oleh Kepala Badan Litbang I Wayan Suambara dan Kepala Dinas LHK Badung I Putu Eka Merthawan didampingi Kepala Bagian Organisasi I Wayan Wijana.

“Penghargaan diserahkan oleh Menteri PAN-RB pada Kamis (18/7) di Semarang,” kata Merthawan, Minggu (21/7).

Merthawan mengungkapkan, inovasi Batik maupun Fish-Go berhasil menyisihkan ribuan inovasi dari berbagai daerah di Indonesia dalam Sinovik 2019. “Kami bersyukur Badung masuk 99 top Sinovik tahun 2019,” ujarnya.

Di samping berhasil meraih top 99 inovasi pelayanan publik, Badung juga meraih Kalpataru kategori penyelamat lingkungan khususnya pelestarian hutan mangrove oleh kelompok nelayan Prapat Agung Mengening Patasari Kelurahan Kuta, Kecamatan Kuta. Penghargaannya diserahkan oleh Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla beberapa waktu lalu.

Sementara Wayan Suambara juga mengucap syukut atas raihan penghargaan tersebut. Menurutnya, merupakan suatu kebanggaan inovasi Batik dan Fish-Go lolos menjadi top 99 Sinovik tingkat nasional. “Tentu saja kami bersyukur bisa meraih penghargaan ini. Semua ini tidak terlepas dari komitmen pimpinan serta sinergitas antarperangkat daerah,” ujarnya.

Suambara berharap bisa melangkah lebih jauh lagi yakni top 45. Dia berharap inovasi ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.  *asa

Komentar