nusabali

Paskibraka Buleleng 2019 Mulai Menjalani Latihan

  • www.nusabali.com-paskibraka-buleleng-2019-mulai-menjalani-latihan

Sebanyak 70 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Buleleng terpilih.

SINGARAJA, NusaBali

Mereka ditetapkan sebagai pengibar bendera pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 74, 17 Agustus mendatang. Anggota Paskibraka ini mulai menjalani latihan intensif untuk memantapkan gerakan.

Tim Paskibraka Buleleng tahun 2019 ditetapkan pada, Rabu (17/7) lalu. 70 orang siswa SMA/SMK se Kabupaten Buleleng terpilih dari peserta seleksi paskibraka Buleleng yang awalnya berjumlah 306 orang. Sebelum dikukuhkan sebagai tim inti Paskibraka, 70 orang ini menjalani masa latihan dan penilaian pelatih sejak 2 April 2019 lalu. Kesungguhan dan kemantapan hati mereka sebagai petugas pengibar bendera pusaka diuji dan dievaluasi selama tiga bulan penuh, hingga dipilih peserta yang memang terbaik selama menjalani latihan dan pembinaan.

Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, Sabtu (20/7) mengatakan setelah ditetapkan sebagai anggota Paskibraka 2019, mereka saat ini terus mengasah diri dan memantapkan pelatihan. Sehingga dalam pelaksanaan upacara peringatan hari kemerdekaan RI, tidak terjadi kesalahan.

“Ini adalah kebanggaan tersendiri bagi peserta yang lolos dan ditetapkan sebagai tim Paskibraka Buleleng tahun 2019. Mudah-mudahan mereka tetap semangat dan disiplin mengikuti kegiatan latihan dan pembinaan hingga tanggal 15 Agustus mendatang,” jelas Surya Bharata.

Dia menyampaikan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya selain persiapan HUT RI, juga merupakan ajang membangun mental yang mantap dan handal sebagai generasi milenial. Selain juga penanaman karakter bela negara dan cinta tanah air dapat diimplementasikan dengan tugas mulia sebagai Paskibraka.

Sementara itu pelatihan dan pembinaan Paskibraka seperti tahun-tahun sebelumnya dipusatkan di Lapangan Ngurah Rai. Mereka dilatih oleh TNI/Polri dan juga Purna Paskibraka Buleleng. *k23

Komentar