nusabali

Pusat Apresiasi PKBM Amertha Yulia Ganesha

  • www.nusabali.com-pusat-apresiasi-pkbm-amertha-yulia-ganesha

PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Amertha Yulia Ganesha di Banjar Kubakal, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem akan mendapatkan kunjungan dari pusat pada akhir Juli 2019.

AMLAPURA, NusaBali

Pusat mengapresiasi pengelolaan aktivitas dan pengelolaan PKBM Amertha Yulia Ganesha. Kunjungan atau visitasi nanti untuk mengecek pendidikan kesetaraan yang digelar PKBM Amertha Yulia Ganesha.

Pendiri PKBM Amertha Yulia Ganesha I Wayan Mertayasa mengaku mengelola kesetaraan paket A, paket B, paket C, PAUD (Pendidikan Anak Usai Dini), SD Hindu Giri Mekar, SMP Hindu, keaksaraan, dan pelatihan. Sejak tahun 2011 membina 345 warga belajar, telah menamatkan 46 warga belajar paket A. Pendirinya, I Wayan Mertayasa pernah menerima Anugerah Pegiat Keaksaraan Nasional tahun 2017. “Kali ini kelembagaan yang kami kelola dinilai pusat. Kami berharap membuahkan hasil optimal. Sehingga lebih meligitimasi kelembagaan kesetaraan agar masyarakat tidak ragu belajar di kesetaraan, terutama yang putus sekolah,” harapnya, Kamis (18/7).

Dikatakan, PKBM Amertha Yulia Ganesha juga bertujuan untuk membantu pemerintah mengentaskan buta aksara. Hingga kini masih terdata 14.498 warga Karangasem buta aksara. Kepala Kementerian Agama Karangasem Dr Ni Nengah Rustini MAg mengapresiasi kerja keras PKBM Amertha Yulia Ganesha, tak hanya mengelola pendidikan kesetaraan juga mendirikan SD Hindu dan SMP Hindu. “Begitu gigih berjuang di bidang pendidikan. Kami berupaya membantu, terutama dalam hal pengembangan SD Hindu dan SMP Hindu,” jelas Rustini.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem I Gusti Ngurah Kartika juga memotivasi PKBM Amertha Yulia Ganesha yang telah banyak membantu bidang pendidikan non formal. Dukungan diberikan siswa yang belajar di pendidikan non formal disediakan beasiswa. “Kami beberapa kali melakukan kunjungan dan pembinaan ke PKBM Amerta Yulia Ganesha, selain didukung sarana juga tutor, sehingga pembelajaran berlangsung normal,” katanya.  *k16

Komentar