nusabali

Mengatasi Keputihan dengan Tanaman Obat dan Pijat Refleksi (4)

  • www.nusabali.com-mengatasi-keputihan-dengan-tanaman-obat-dan-pijat-refleksi-4

Jumlah cairan yang keluar dari liang kelamin wanita secara nyata bertambah banyak. Warna, cairan, dan bau juga mengalami kelainan, atau dibarengi dengan gejala seluruh tubuh atau gejala di daerah kelamin wanita.

Keputihan menurut Ilmu Kedokteran Timur
Pengertian Keputihan menurut Ilmu Kedokteran Timur
Jumlah cairan yang keluar dari liang kelamin wanita secara nyata bertambah banyak. Warna, cairan, dan bau juga mengalami kelainan, atau dibarengi dengan gejala seluruh tubuh atau gejala di daerah kelamin wanita. Di dalam praktik klinis, keputihan dengan warna putih, kuning, atau putih bercampur merah sering dijumpai.

Dalam Ilmu Kedokteran Timur disebut dengan nama ‘Dai Xia Bing’, karena penyakit ini terjadi di bawah Meridian Dai (Meridian Sabuk). Di mana keputihan tersebut masih harus dibedakan menjadi yang bersifat fisiologis (dalam batas normal) dan patologis (gangguan penyakit).
Pada wanita normal, sejak mulai puber, Qi ginjal subur dan penuh, transportasi Qi limpa sehat, Meridian Ren lancar dan teratur, Meridian Dai sehat dan kokoh, meskipun di dalam alat kelaminnya ada sedikit cairan lengket putih atau cairan lengket bening yang tidak berbau, terutama ketika sebelum dan sesudah haid, atau di pertengahan haid, atau jumlah yang bertambah ketika hamil (yang berfungsi untuk melumasi alat kelamin wanita dan mempertahankan supaya penyebab penyakit luar tidak dapat masuk), maka gejala tersebut termasuk keputihan yang bersifat fisiologis (dalam batas normal). Tetapi apabila terserang oleh penyebab penyakit luar (6 hawa udara berbahaya), atau terluka oleh penyebab penyakit dalam (7 emosi yang berlebihan), sehingga menjadi penyakit, yang menyebabkan Meridian Dai lemah, tidak dapat membatasi meridian yang lain, sehingga di dalam alat kelamin wanita ada cairannya, turun menetes terus-menerus tidak berhenti, maka dikatakan sebagai penyakit keputihan (Dai Xia Bing).

Penyebab utama dari penyakit keputihan ini menurut pandangan Ilmu Kedokteran Timur adalah penyebab penyakit lembab, dengan mengingat sifat penyebab penyakit lembab, maka penyakit keputihan ini akan berlarut-larut, kambuh berulang-ulang, tidak mudah cepat sembuh. Penyakit ini juga sering terjadi bersama dengan gejala penyakit haid tidak teratur, sulit punya keturunan, tumor dan sebagainya, dan seharusnya diperhatikan dengan seksama.
Penyebab Keputihan menurut Ilmu Kedokteran Timur

Penyebab utama keputihan adalah penyebab penyakit lembab. Penyebab penyakit lembab dapat dibedakan menjadi:

1. Lembab Luar. 
Yang dimaksud dengan lembab luar adalah penyebab penyakit lembab dari penyebab penyakit luar, seperti: waktu menstruasi berada di lokasi yang berair atau sering terguyur hujan, atau terserang lembab dingin, atau setelah melahirkan Meridian pada rahim defisien (lemah), kebersihan kurang terjaga. Penyebab penyakit lembab dengan mengambil kesempatan waktu kondisi tubuh defisien (lemah) menyerang masuk ke dalam rahim, sehingga menyebabkan Meridian Ren terluka, Meridian Dai kehilangan kemampuan untuk membatasi, maka terjadi penyakit keputihan (Dai Xia Bing).

2. Terbentuknya lembab dalam berhubungan sangat erat dengan ketidakteraturan Qi dan darah organ Zang Fu, seperti:
- Limpa defisien (lemah) dapat menyebabkan transformasi dan transportasi tidak baik, lembab air mengendap di dalam tubuh, turun mengisi Meridian Ren dan Meridian Dai.
- Yang ginjal defisien (lemah), transformasi Qi kacau, lembab air mengendap di dalam, juga tidak kokoh untuk menutup pintu Jing, cairan Jing merosot ke bawah.
- Kondisi badan dari awalnya sudah Defisien Yin, terserang penyebab penyakit lembab panas, melukai Meridian Ren dan Meridian Dai.

Komentar