nusabali

Taman Surya Nirwana Jadi Daya Tarik Baru di Kebun Raya Bali

  • www.nusabali.com-taman-surya-nirwana-jadi-daya-tarik-baru-di-kebun-raya-bali

Kebun Raya Bali atau yang dikenal dengan Kebun Raya Bedugul di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan menambah objek wisata baru.

TABANAN, NusaBali
Wisata baru tersebut diberi nama Taman Surya Nirwana. Taman yang terletak di sisi timur kasawan Kebun Raya Bali ini menawarkan keindahan pemandangan Danau Beratan dan Bukit Pengelengan.

Kepala Balai Konservasi Kebun Raya Bali Bayu Adjie mengatakan Taman Surya Nirwana dibuat untuk menambah objek di Kebun Raya Bali. Sebelumnya hanya menawarkan taman dengan koleksi berbagai ragam tanaman, namun Taman Surya Nirwana ini didesain dengan mengedepankan konsep keindahan. “Jadi ada panggung dan tempat duduk,” ujarnya, Kamis (18/7).

Dikatakannya, keindahan yang ditawarkan Taman Surya Nirwana adalah pengunjung bisa melihat pemandangan Danau Beratan dan Bukit Pengelengan. Danau Beratan dan Bukit Pengelengan bisa dilihat langsung ke arah timur. “Konsep keindahan tersebut tercermin dari taman Eropa, namun tetap menonjolkan arsitektur bernuansa Bali,” tegasnya.

Bayu Adjie menyebut Taman Surya Nirwana akan digunakan sebagai tempat pertunjukan atau panggung terbuka dengan latar belakang pemandangan Danau Beratan dan Bukit Pengelengan.

Bahkan pihaknya sedang menyusun jadwal tetap pertunjukan yang akan dipentaskan di Taman Surya Nirwana.

“Selain itu, tidak menutup kemungkinan taman ini juga ditawarkan kepada event organizer untuk melakukan berbagai pertunjukan di sini. Tidak hanya pertunjukan wisata saja, harapan kami juga  ada pesan-pesan konservasi di dalamnya,” bebernya.

Bayu Adjie menambahkan Taman Surya Nirwana sudah dilaunching bertepatan dengan perayaan HUT ke–60 Kebun Raya Bali pada Selasa (16/7). Kebun Raya Bali adalah kebun raya pertama yang didirikan oleh bangsa Indonesia. Sebab, tiga kebun raya lainnya yang ada di Indonesia, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, dan Kebun Raya Purwodadi, Jawa Tengah, merupakan warisan pemerintah kolonial. Itu tercermin dari arsitektur di tiga kebun raya tersebut yang sangat kental dengan nuansa Eropa.

Itu berbeda dengan Kebun Raya Bali, yang sangat kental dengan arsitektur Indonesia, khususnya berciri khas Bali. Itu bisa dilihat adanya taman usadha di sekitar kawasan Kebun Raya Bali ini yang berfungsi untuk pengobatan.  Selain itu, ada pula beragam tanaman upakara yang biasanya digunakan untuk kegiatan adat di Bali.

“Di Kebun Raya Bali ini kami juga punya museum etnobotani yang menyimpan alat-alat yang digunakan keseharian oleh masyarakat Bali. Itu semua juga menjadi konsen kebun raya untuk menyimpan ilmu pengetahuan dan menyebarkan kepada generasi muda,” tandasnya. *des

Komentar