nusabali

Bangunan Griya Gede Cucukan Terbakar

  • www.nusabali.com-bangunan-griya-gede-cucukan-terbakar

Griya Gede Cucukan, di Dusun Cucukan, Desa Selat, Kecamatan Klungkung, terbakar, Rabu (17/7) malam.

SEMARAPURA, NusaBali

Bangunan yang terbakar yakni bagian pada dua kamar tidur dan sebuah dapur, serta kamar suci penyimpanan banten.  Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Diduga penyebab kebakaran karena sambaran api memasak yang ditinggal penghuni griya.

Informasi di lokasi, kejadian itu bermula saat korban kebakaran, Ni Ketut Ariyati yang notabena Jero Mangku Puseh,52, sekitar pukul 20.00 Wita, memasak di dapur. Saat api masih dalam keadaan menyala, dapur ditinggal menonton televisi di kamar sebelah.

Dalam kurun waktu kira-kira 10 menit ditinggal menonton TV, tiba-tiba korban melihat ada asap tebal dan kobaran api mulai membesar. Melihat kejadian tersebut korban panik dan kemudian berteriak minta tolong. Teriakan itu didengar warga dan langsung berinisiatif memukul kentongan guna memudahkan mengumpulkan warga untuk memberikan pertolongan memadamkan api.

Tak berselang lama, warga sudah banyak ke lokasi lanjut dengan kemampuan seadanya memadamkan api. Api dipadamkan dengan menyirami dengan air memakai selang air, ember, dan lainnya. Warga juga menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar) Klungkung. Pukul 20.40 Wita, petugas Damkar Klungkung dengan tiga unit armada dan 10 anggota terjun ke lokasi. Mereka bersama warga berupaya memadamkan api. “Pukul 21.15 Wita api dapat dipadamkan, bangunan yang terbakar pada bagian atap,” ujar Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, I Putu Suarta, Kamis (18/7).

Kepala Dusun Cucukan Ida Bagus Mahaputra, mengatakan selain atap bangunan tersebut, api juga membakar bebantenan yang akan digunakan untuk upacara ngalinggihang mendiang suaminya Ni Ketut Ariyati, yakni alamarhum Ida Bagus Putu Arsa (Jro Mangku Puseh), pada Wraspati Wage Sungsang, Kamis (18/7) ini. “Karena banten itu terbakar maka upacara ngalinggihang belum bisa dilaksanakan Kamis ini (kemarin,Red),’ katanya. *wan

loading...

Komentar