nusabali

Capim KPK Ditunggu DPR

  • www.nusabali.com-capim-kpk-ditunggu-dpr

Masa bakti anggota DPR RI periode 2014-2019 segera berakhir.

JAKARTA, NusaBali
Anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan meminta agar panitia seleksi calon pimpinan (Capim) KPK bekerja cepat dan segera menyerahkan 10 capim KPK ke DPR periode saat ini. "Saya minta 10 orang hasil seleksi Capim KPK diserahkan ke DPR periode sekarang. Sehingga DPR akan lebih mengetahui akan kemana KPK ke depan? Sebab, pimpinan KPK itu selain berkualitas juga harus kompak,” ujar Trimedya di Kompleks Parlemen, Kamis (18/7).

Politisi PDIP ini juga berharap, jangan ada sentimen-sentimen antara pimpinan KPK dan penyidik. Lantaran yang harus dibangun adalah institusional building, lembaga KPK yang kuat dengan kinerja yang baik.

"Kami berharap Capim KPK nantinya memilih orang-orang berkualitas. Jadi ini tergantung kepada Pansel. Mudah-mudahan Capim KPK segera diberikan kepada Komisi III periode sekarang agar bisa diselesaikan dalam masa ini," ucap Trimedya.

Bagi Trimedya, bila Capim KPK dapat diselesaikan saat ini, itu bisa menjadi sebuah "kado" dari anggota Komisi III DPR RI 2014-2019. Sementara Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih menyatakan, pihaknya menyerahkan semua kepada Presiden Joko Widodo.

Dari 376 pendaftar tinggal 192 orang yang sedang seleksi tahap kedua. Selanjutnya hanya akan dipilih 10 orang untuk dikirim ke Presiden selambat-lambatnya tanggal 29 Agustus.

“Jadi, apakah akan diuji oleh DPR RI periode sekarang atau yang akan datang, itu kami serahkan ke Presiden," ucapnya. *k22

Komentar