nusabali

Nyepi Adat di Desa Kesimpar, Abang, 12 Sekolah dan 4 Kantor Perbekel Tutup

  • www.nusabali.com-nyepi-adat-di-desa-kesimpar-abang-12-sekolah-dan-4-kantor-perbekel-tutup

Nyepi di Desa Adat Kesimpar, Kecamatan Abang, Karangasem yang mewilayahi 4 desa dinas serangkaian Usaba Wai atau Usaba Dodol yang puncaknya pada Anggara Paing Sungsang, Selasa (16/7), sebanyak 12 sekolah dan 4 kantor desa, kantor Camat Abang, dan kantor PDAM Unit Kecamatan Abang, diliburkan.

AMLAPURA, NusaBali
Nyepi berlangsung selama 12 jam pada Buda Pon Sungsang, Rabu (17/7) pukul 06.00 – 18.00 Wita.
Bendesa Adat Kesimpar I Wayan Kari Subali, menjelaskan Usaba Wai digelar setiap tahun saat Purnama Kasa. Usaba Wai di Pura Puseh Desa Adat Kesimpar, sebagai bentuk raya syukur atas anugerah dari Ida Sang Hyang Widhi.

Sebelum Nyepi berlangsung, saat masih melakukan persembahyangan di Pura Puseh, diumumkan oleh Bendesa Adat Kesimpar terkait Nyepi. Pecalang dari 20 banjar adat langsung bertugas selama 12 jam, mulai pukul 06.00 Wita.

“Jadi selama Nyepi berlangsung, sekolah dan kantor yang ada di wilayah Desa Adat Kesimpar diliburkan,” kata Kari Subali.

Sebanyak 12 sekolah yang diliburkan adalah SDN 1 Abang, SDN 2 Abang, SDN 3 Abang, SDN 1 Pidpid, SDN 2 Pidpid, SDN 3 Pidpid, SDN 1 Nawakerti, SDN 2 Nawakerti, SDN 1 Kesimpar, dan SDN 2 Kesimpar. Ditambah dua SMP, yakni SMPN 1 Abang dan SMPN 5 Abang.

Empat kantor desa yang tutup adalah Kantor Desa Abang, Kantor Desa Pidpid, Kantor Desa Kesimpar, dan Kantor Desa Nawakerti, serta kantor Camat Abang, kantor PDAM Unit Kecamatan Abang.

Sedangkan Puskesmas Abang I dan Polsek Abang tetap buka karena melakukan pelayanan masyarakat.

Selama Nyepi berlangsung, jalan desa ditutup, hanya jalan provinsi yang dibuka untuk umum. Warga yang hendak bertamu ke Desa Adat Kesimpar, dilarang oleh pecalang yang berjaga-jaga di setiap sudut jalan desa. “Warga dari luar Desa Adat Kesimpar boleh saja melintas di jalan provinsi, tetapi tidak boleh berhenti dan tidak boleh bertamu,” kata Kari Subali.

Perbekel Abang I Nyoman Sutirtayana menyatakan kantornya diliburkan sehari sehubungan Nyepi. Sebab, Kantor Desa Abang di wilayah Desa Adat Kesimpar.

Sementara Kasek SDN 2 Abang I Nyoman Putu Sutirta, juga meliburkan kegiatan pembelajaran di sekolahnya. “Kami liburkan karena ada Nyepi adat, Kamis (hari ini) kembali melakukan pembelajaran seperti biasa,” tuturnya. *k16

Komentar