nusabali

Pendaftaran Ditutup Jumat Besok, Pemeran Inkra Akan Digelar 10 Hari

  • www.nusabali.com-pendaftaran-ditutup-jumat-besok-pemeran-inkra-akan-digelar-10-hari

Pemkab Jembrana akan kembali menggelar Pameran Industri dan Kerajinan (Inkra) serangkaian perayaan HUT ke–124 kota Negara.

NEGARA, NusaBali

Rencananya, pameran Inkra 2019 yang dirancang lebih menonjolkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), ini akan digelar selama 10 hari mulai Minggu (11/8) hingga Selasa (20/8) nanti.

Terkait persiapan pameran, pihak Dinas Koperindag, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana, tengah membuka pendaftaran peserta pemeran. Pendaftaran dibuka mulai Senin (15/7) dan akan ditutup Jumat (19/7) besok. “Peserta masih didata. Pendaftaran dibuka selama jam kantor sampai hari Jumat nanti,” ujar Kadis Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata, Selasa (16/7).

Dari data sementara per Selasa kemarian, kata Agus Adinata, sudah ada 37 pelaku UMKM yang mendaftar di Dinas Koperindag Jembrana. Para pendaftar itu sebagian besar perajin songket, endek, dan sejumlah pengusaha kuliner tradisional. “Peserta UMKM kami target sebanyak-banyaknya. Nanti akan kami atur tempatnya. Kalau yang perajin kain, bisa diatur jadi satu tempatnya. Yang kuliner, dipisah khusus kuliner,” ucapnya.

Selain peserta UMKM dari Jembrana, untuk lebih meramaikan pameran, juga akan diundang perwakilan UMKM dari kabupaten/kota lain di Bali. Juga disediakan tempat bagi BUMD, koperasi, termasuk sejumlah instansi pemerintah. “Tetapi yang prioritas tetap UMKM. Kami juga berharap semua UMKM di Jembrana bisa ikut dalam pemeran tahun ini, terutama yang berkaitan dengan kerajinan tradisional,” katanya.

Selain Pameran Inkra yang akan diadakan di areal parkir Pemkab Jembrana, pihaknya juga menggelar pameran usaha clothing anak-anak muda Jembrana, yang akan digelar selama tiga hari di halaman Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana, mulai Kamis (15/8) hingga Sabtu (17/8) nanti. Bersamaan dengan pemeran clothing itu juga akan diisi festival kuliner khas Jembrana. “Kami juga berharap anak-anak muda dapat lebih mengenal kuliner khas Jembrana, seperti jajan bendu, dan kuliner khas lainnya,” kata mantan Camat Negara ini. *ode

Komentar