nusabali

Bupati Suwirta Gencar Ajukan Usulan ke Pusat

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-gencar-ajukan-usulan-ke-pusat

Imbangi Perkembangan Pariwisata Nusa Penida

SEMARAPURA, NusaBali

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menemui sejumlah pejabat di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, untuk mengajukan dokumen usulan proyek, Selasa (16/7). Dokumen tersebut diserahkan dalam upaya menjadikan Klungkung sebagai prioritas dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2020-2024.

Para pejabat yang ditemui di antaranya Kepala Pusat Fasilitas Infrastuktur Daerah Riono Soeprapto dan Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Kota Kecil dan Pedesaan, Manggas Rudy Siahaan.

Tidak mudah menemui dua pejabat ini. Berdasarkan pengakuan Bupati Suwirta, dirinya didampingi Kabag Humas dan Protokol Setda Klungkung, Ketut Suadnyana, harus berjalan kaki berpindah-pindah gedung dan dari pintu ke pintu untuk bisa bertemu langsung dengan kedua pejabat ini.

Dalam pertemuannya itu Bupati Suwirta memaparkan semua kebutuhan dasar Kabupaten Klungkung khususnya Nusa Penida menjadi sumber pendapatan daerah dengan potensi pariwisatanya. Selain itu,  kepulauan Nusa Penida juga telah menyandang berbagai predikat dari sejumlah kementerian. Yakni sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), sebagai Pulau Terluar, Kawasan Konservasi Perairan (KKP), Pusat Pembibitan Sapi Bali, dan Kawasan Wisata Pengembangan Energi Terbarukan.

Namun demikian, berbagai predikat itu belum membuat pembangunan infrastruktur di kecamatan kepulauan itu optimal. Saat ditemui diruang kerjanya, Kepala Pusat Fasilitas Infrastuktur Daerah, Riono Soeprapto mengatakan bahwa sesuai arahan dan visi misi Presiden Jokowi, di mana arah pembangunan hendaknya dalam mendukung pembangunan pariwisata. "Semua daerah ingin percepatan pembangunan, namun tidak semua memiliki potensi seperti Kabupaten Klungkung yang memiliki Nusa Penida."ujarnya. Untuk itu, dirinya berjanji mendorong pembangunan SPAM (Sitem Penyediaan Air Minum) untuk mendukung pengembangan pariwisata di Nusa Penida

Sedangkan Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Kota Kecil dan Pedesaan, Manggas Rudy Siahaan menyarankan Kepulauan Nusa Penida yang sudah menyandang berbagai status nasional hendak dijadikan ujung tombak dalam setiap usulan ke pusat. Nama Nusa Penida dengan pelbagai potensinya harus selalu bahan utama dalam setiap usulan. “Apalagi saat ini wilayah ini mengalami perkembangan yang sangat pesat di bidang pariwisata,” ujarnya.

Dengan diserahkannya usulan tersebut, Bupati Suwirta berharap pembangunan kebutuhan dasar seperti air dan infrastruktur di Kepulauan Nusa Penida bisa cepat terwujud untuk mengimbangi pesatnya perkembangan pariwisata saat ini. *wan

loading...

Komentar