nusabali

Tiga Jabatan Eselon IIB Kembali Dilelang

  • www.nusabali.com-tiga-jabatan-eselon-iib-kembali-dilelang

Lelang Jilid II akan segera dilakukan sebagai antisipasi agar tidak terjadi kekosongan manakala pejabat lama pensiun.

Bupati Rombak 128 Pejabat Eselon III dan IV


SINGARAJA,NusaBali
Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, kembali bakal melelang tiga jabatan Eselon IIB di lingkup Pemkab Buleleng meninaklanjuti masa pensiun para  pejabat tahun 2019 ini. Hal itu mencuat usai pelantikan empat pejabat Eselon IIB hasil lelang sebelumnya, Rabu (17/7) pagi di Lobi Atiti Wisma Kantor Bupati Buleleng, Jalan Pahlawan Singaraja.

Empat pejabat yang dilantik Rabu kemarin masing-masing, I Made Sumiarta sebagai Kepala Dinas Pertanian; Komang Sumertajaya sebagai Kepala Badan Kesbang Pol; Nyoman Agus Jaya Sumpena sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran; dan Dewa Made Sudiarta sebagai Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Setelah pelantikan empat pejabat tersebut, kembali akan ada empat pejabat yang pensiun di tahun 2019. Empat pejabat itu masing-masing Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Nyoman Surya Temaja; Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Ketut Suparta Wijaya; Kepala Dinas Perikanan, Made Arnika; dan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Buleleng, Dewa Ketut Manuaba.

Namun dari empat pejabat yang pensiun tersebut, hanya tiga posisi yang akan dilelang yakni Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas PUPR, dan Kepala Dinas Pertanian. Sedangkan posisi Sekwan DPRD Buleleng, kemungkinan tidak dilelang karena pengisiannya harus melewati proses persetujuan Lembaga Dewan.

Kepala BKPSDM Kabupaten Buleleng, Gede Wisnawa menyatakan, hingga akhir tahun 2019 nanti, aka nada empat pejabat Eselon IIB yang pensiun. Dijelaskan, sesuai dengan petunjuk dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Pemerintah Daerah bisa melaksanakan lelang jabatan sebelum orang yang bertugas dalam jabatan dimaksud pensiun.

“Tujuannya agar begitu pensiun nanti, tidak ada lagi kekosongan jabatan, atau dijabat Plt. Karena proses lelang ini kan waktunya lama. Kalau lelang sudah mendahului, ketika nanti pejabatnya pensiun, bisa langsung dilantik,” terangnya.

Walaupun demikian, Wisnawa belum berani memastikan apakah akan melakukan lelang jabatan untuk empat jabatan itu secara bersamaan. Karena keempatnya akan pensiun ada bulan yang berbeda. Selain itu, pihaknya juga harus melakukan pembahasan lebih lanjut dengan Tim Panitia Seleksi (Pansel) Kabupaten Buleleng, termask menunggu kebijakan Bupati.

“Artinya begini, bisa saja nanti dari empat itu kan Bupati melakukan pergeseran pejabat, otomatis jabatan yang kosong nanti kan beda. Makanya kita tunggu dulu seperti apa nanti kebijakan Bapak Bupati,” ujar Mantan Sekretaris DPRD Buleleng ini.

Dalam pelantikan empat pejabat eselon IIb, juga diikuti dengan pergeseran 128 pejabat Eselon III dan IV. Rinciannya sebanyak 21 pejabat eselon III setingkat Sekretaris dan Kepala Bidang (Kabid), dan sebanyak 107 pejabat eselon IV setingkat Kepala Seksi (Kasi). *k19

Komentar