nusabali

Hebat Mana Harry Maguire atau Van Dijk?

  • www.nusabali.com-hebat-mana-harry-maguire-atau-van-dijk

Label sebagai bek termahal sepanjang sejarah tak lama lagi bakal bergeser dari Virgil van Dijk ke Harry Maguire.

MANCHESTER, NusaBali

Ya, Manchester United dikabarkan siap menebus bek Leicester City dengan biaya sebesar 80 juta poundsterling atau sekira Rp1,4 triliun. Apakah harga yang ditawarkan United untuk mendatangkan Maguire terlalu mahal?

Hal itulah yang membuat banyak penggemar United bertanya-tanya ketika Setan Merah memilih menggelontorkan dana sebesar 80 juta poundsterling (Rp1,4 triliun) demi mendatangkan bek bernama lengkap Jacob Harry Maguire tersebut. Ole Gunnar Solskjaer tentunya bukan tanpa pertimbangan saat menentukan pilihan pemain yang akan diboyongnya.

Pelatih yang dikenal dengan julukan The Baby Faced Assassin (si pembunuh bermuka bayi) itu dikenal sebagai sosok yang sangat selektif dalam memilih pemain. Dia tidak pernah memandang pemain buruannya dari nama besarnya saja, tapi ia lebih menitik beratkan pada kebutuhan tim dan kemampuan pemain incarannya untuk menjalankan pola permainan yang ia terapkan.

Jika melihat statistik Maguire bersama Leicester City di Liga Inggris musim lalu, sepertinya tidak berlebihan kalau United rela mengeluarkan dana besar hanya demi untuk mendatang pemain berusia 26 tahun tersebut. Bersama The Foxes, dia menjadi pemain yang tidak tergantikan. Tak aneh jika Solskjaer begitu tertarik untuk mendatangkan Maguire. Tapi apakah dia mampu memainkan penampilannya sama seperti van Dijk?

Van Dijk sudah lebih dulu merasakan tekanan yang luar biasa ketika dia tiba di Liverpool pada 2017/2018. Meski sempat diragukan bakal bersinar bersama Si Merah, namun pemain asal Belanda itu secara perlahan mampu mengubah stigma dan membungkam para pengkritik yang meragukan kualitas permainannya.

Dengan kata lain, tidak dapat disangkal status van Dijk sebagai bek terbaik di dunia dan dia menyelesaikan musim dengan menyambet PFA Player of the Year. Artinya, 75 juta poundsterling yang dikeluarkan Liverpool merupakan harga yang wajar. Jika dibandingkan dengan van Dijk, tentunya itu akan menjadi tugas yang berat buat Maguire. Tapi yang perlu diingat adalah kedatangannya bisa menyegarkan lini belakang Setan Merah yang di musim lalu sempat membuat penggemar frustrasi. Penerapan empat bek di belakang yakni Phil Jones, Chris Smalling, Maguire dan Ashley Young akan menjadi tujuan utama Solskjaer menyambut Liga Inggris musim depan.*

loading...

Komentar