nusabali

Badung Gelar Upacara Pujawali Nyatur Rebah di Pura Lingga Bhuwana

  • www.nusabali.com-badung-gelar-upacara-pujawali-nyatur-rebah-di-pura-lingga-bhuwana

Bertepatan dengan Purnama Kasa pada Anggara Paing Sungsang, Selasa (16/7), dilaksanakan pujawali nyatur rebah di Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung di Sempidi, Kecamatan Mengwi.

MANGUPURA, NusaBali

Pujawali di Pura Lingga Bhuwana dan di Pura Beji DPRD Badung dipuput Ida Pedanda Putra Buruan dari Griya Pesraman Darmasaba dan Ida Pedanda Pasuruan dari Griya Taman Lukluk.

Para pejabat dan karyawan karyawati Pemkab Badung berbaur ngaturang ayah. Tampak hadir Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa beserta istri, para pimpinan perangkat daerah, Ketua TP PKK Badung Ny Seniasih Giri Prasta beserta anggota TP PKK dan WHDI Badung.

Sekda Adi Arnawa bersama pimpinan OPD berkesempatan mundut Ida Bhatara tedun ke panggungan jaba sisi pura, disertai tari Rejang Sari dan Rejang Renteng dibawakan ibu-ibu PKK dan WHDI Badung.

Menurut Kadis Kebudayaan Badung Ida Bagus Anom Bhasma, pujawali dengan upakara nyatur rebah telah rutin dilaksanakan saat pujawali Ida Bhatara Pura Lingga Bhuwana bertepatan Purnamaning Kasa. Dudonan karya telah dilaksanakan mulai Soma Umanis Sungsang, Senin (15/7), ngiring Ida Bhatara ngemijing ring pura beji.

Dikatakan, Pura Lingga Bhuwana selain kaempon oleh Pemkab Badung juga didukung dari desa adat sekitar puspem yakni Desa Adat Sempidi, Kwanji, Padang Luwih, dan Dalung. “Karya kali ini Desa Adat Dalung mendapat giliran menghaturkan upakara,” katanya seraya menambahkan Ida Bhatara akan masineb saat purnama ini pula.

Sementara Sekda Adi Arnawa berharap melalui pujawali ini semua diberi kekuatan terutama dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dia juga berharap kepada pegawai di Badung, untuk senantiasa introspeksi diri, sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas dengan efektif, transparan, dan efisien. *asa

Komentar