nusabali

Gerhana Bulan Sebagian Akan Menghampiri Indonesia, Siap-Siap Begadang Hingga Fajar

  • www.nusabali.com-gerhana-bulan-sebagian-akan-menghampiri-indonesia-siap-siap-begadang-hingga-fajar

Semeton pecinta astronomi, sudah tahukah kalian kalau ada 5 gerhana yang diprediksi terjadi di tahun 2019 ini? Dan sudah tahukah kalian kalau dua di antaranya bisa diamati dari Indonesia?

DENPASAR, NusaBali.com
Dan yang paling penting, tahukah kalian kalau satu diantara dua gerhana tersebut akan terjadi besok, 17 Juli 2019?

Bagi semeton yang melaksanakan persembahyangan Purnama pada hari ini, Selasa 16 Juli 2019, mungkin bertanya-tanya apakah fenomena gerhana ini ada hubungannya dengan fase bulan purnama. Jawabannya ada! 

Sederhananya, bulan purnama terjadi setiap bulan ketika bulan terletak di belakang bumi, membuat sinar pantulan bulan bisa secara penuh terlihat dari bumi. Namun hal ini juga membuat adanya kemungkinan terjadinya gerhana bulan. Kenapa? 

Pada saat yang sama, ini berarti bahwa bumi berada di depan bulan, sehingga bayangan bumi bisa mengahalangi sinar matahari menuju bulan, dan bulan pun tidak bisa memantulkan sinar matahari. Nah, area yang tertutupi ini pun bisa secara total atau pun sebagian. Untuk gerhana besok, bayangan bumi akan menutupi hanya sebagian dari bulan, dan peristiwa inilah yang kita sebut sebagai gerhana Bulan Sebagian (GHS). 

Nah, sudah tidak sabar untuk melihat gerhana bulan? Siap-siap untuk begadang ya, karena gerhana yang bisa diamati dari seluruh wilayah di Indonesia ini berlangsung dari tengah malam hingga fajar!

Dilansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), untuk wilayah dengan zona Waktu Indonesia Tengah (WITA), gerhana baru akan dimulai dari pukul 02.42 WITA. Puncak gerhana itu sendiri diperkirakan baru akan berlangsung pada pukul 5.30 WITA. Namun, besar kemungkinan bahwa kita tidak akan bisa melihat gerhana hingga akhir karena gerhana itu sendiri baru akan berakhir pada pukul 08.19 WITA. 

Nah semeton yang mau mengabadikan fenomena gerhana dini hari nanti, siapkan kamera dengan resolusi besar ya. Menggunakan kamera ponsel biasa akan menghasilkan gambar bulan yang kecil dan pecah saat diperbesar. Tapi jika semeton hanya ingin menonton saja, dengan mata telanjang juga sudah cukup kok. 

Tapi apabila semeton tidak ingin begadang agar tidak bangun kesiangan, jangan khawatir. Pasalnya pada 26 Desember 2019 mendatang, Indonesia akan kedatangan fenomena gerhana matahari cincin yang fenomenal. *Yulia
 

Komentar