nusabali

Senegal dan Aljazair Duel di Final

  • www.nusabali.com-senegal-dan-aljazair-duel-di-final

Senegal dan Aljazair akan berduel pada partai puncak Piala Afrika 2019.

KAIRO, NusaBali
Laga final itu menjadi penampilan kedua masing-masing tim, setelah melewati lawan masing-masing di semifinal, Senin (16/7) dinihari WITA. Laga final juga akan mempertontonkan duel bintang Premier League, Sadio Mane (Liverpool) dan Riyard Mahrez (Manchester City).  

Senegal terakhir kali tampil di final pada 2002. Namun kala itu mereka gagal mengangkat trofi usai dikalahkan Kamerun 2-3 lewat adu penalti. Sedangkan Aljazair berpeluang meraih trofi Piala Afrika keduanya,  setelah mereka juara saat menjadi tuan rumah dan tampil perdana di final pada 1990.

Sementara Senegal lebih dulu ke final setelah mengalahkan Tunisia 1-0 di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir. Gol bunuh diri bek Tunisia, Dylan Bronn, menjadi penentu kelolosan Senegal ke final dari laga yang diwarnai dua kegagalan tendangan penalti itu.

Tunisia berpeluang lebih dulu unggul saat memperoleh penalti pada menit ke-75. Namun eksekusi Ferjani Sassi digagalkan kiper Alfred Gomis. Enam menit berselang, giliran Senegal dapat penalti melalui Henri Saivet, yang dimentahkan kiper Mouez Hassen. Laga pun berakhir imbang 0-0 di babak pertama.

Ironisnya, Hassen jadi penyebab kekalahan Tunisia di laga tersebut lantaran antisipasinya yang buruk atas tendangan bebas Cheikhou Kouyate malah membuat bola membentur kepala Bronn dan masuk ke gawangnya sendiri pada menit ke-110.

Sementara Aljazair menang secara dramatis atas Nigeria 2-1, berkat tendangan bebas nan cermat pemain Manchester City Riyad Mahrez pada menit terakhir masa injury time di Stadion Internasional Kairo.

Mahrez sempat berperan besar membuka keunggulan Aljazair pada menit ke-40, ketika umpan silang kerasnya memaksa bek William Troost-Ekong mencetak gol bunuh diri.

Namun Nigeria menyamakan 1-1 dibantu VAR yang memberikan hadiah penalti dan Odion Ighalo mengeksekusinya dengan baik memperdaya kiper Rais M'Bolhi pada menit ke-72.

Sebagai tim yang kalah, Tunisia dan Nigeria akan berhadapan dalam laga perebutan tempat ketiga pada Kamis (18/7) dini hari WITA di Stadion Al Salam, Kairo. Senegal dan Aljazair memperebutkan trofi Piala Afrika 2019 dalam partai final di Stadion Internasional Kairo, Sabtu (20/7) dinihari WITA. *ant

Komentar