nusabali

Jelang Pemberangkatan, Ratusan Calon Jemaah Haji Divaksin

  • www.nusabali.com-jelang-pemberangkatan-ratusan-calon-jemaah-haji-divaksin

Sesuai keputusan pihak Kementerian Agama, ada sebanyak 137 calon jemaah haji dari Kabupaten Jembrana yang akan diberangkatkan ke Mekkah melalui embarkasi Surabaya tahun 2019 ini.

NEGARA, NusaBali

Sebelum diberangkatkan, para calon jemaah haji ini dipastikan telah mendapat suntik vaksin meningitis.Selain mendapat vaksin meningitis yang telah diberikan beberapa waktu sebelumnya, para calon jemaah haji asal Jembrana ini juga diberikan vaksin influenza di kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana, Sabtu (13/7). Untuk suntik vaksin influenza yang dilaksanakan atas kerja sama dengan Dinas Kesehatan Jembrana, itu juga bertujuan mengecek kesehatan para calon jemaah haji.

Petugas Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana Muslihin, mengatakan vaksinasi meningitis memang vaksin yang wajib diberikan kepada para calon jemaah haji sesuai regulasi terkait pemberangkatan haji dan umroh. Namun di luar vaksin meningitis, pihaknya juga menyediakan layanan suntik vaksin influenza untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada calon jemaah haji, khususnya terhadap influenza.

“Vaksin influenza memang tidak diwajibkan. Tetapi kami anjurkan supaya jemaah haji dapat tetap bugar sejak berangkat hingga pulang dari tanah suci. Kami anjurkan vaksin, ini juga bagian pelayanan kesehatan untuk calon jemaah haji. Walaupun tidak wajib, para calon jemaah haji cukup antusias mengikuti vaksinasi ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebanyak 137 calon jemaah haji asal Jembrana terbagi dalam dua kloter. Sebanyak 60 orang masuk dalam kloter 60 yang akan diberangkatkan pada Senin (25/7). Sedangkan 77 orang lainnya, masuk dalam kloter 84 yang akan diberangkatkan pada 4 Agustus. *ode

Komentar