nusabali

Dites Urine, 12 Orang Positif Shabu

  • www.nusabali.com-dites-urine-12-orang-positif-shabu

BNN Badung Razia Kos-kosan di Canggu, Kuta Utara

MANGUPURA, NusaBali

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Badung merazia 8 kos-kosan yang berada di wilayah Banjar Kayutulang, Banjar Pipitan, Banjar Canggu, dan Banjar  Padang Linjong, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Minggu (14/7) dini hari. Kegiatan yang melibatkan 75 personel ini dimulai sekitar pukul 04.30 Wita, dipimpin oleh Kepala BNN Badung AKBP Ni Ketut Masmini.

Tim yang terbagi dalam dua kelompok, melakukan tes urine terhadap 50 orang penghuni 8 tempat kos di 4 banjar. Hasilnya 1 orang positif shabu jenis amphetamine dan methamphetamine, 9 orang positif shabus jenis methamphetamine, dan 2 orang positif shabu jenis benzodiazepam. Belasan orang yang terindikasi terlibat penyalahgunaan narkoba tersebut diarahkan untuk datang ke BNN Badung guna dilakukan asesmen dan ditindaklanjuti dengan melaksanakan rehabilitasi.

“Kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk menekan angka penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Desa Canggu. Kegiatan ini menyasar rumah kos, karena penyalahgunaan narkoba kerap kali terjadi di tempat-tempat kos. Terlebih Desa Canggu merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Badung,” tutur AKBP Masmini.

Dikatakannya, kegiatan serupa juga akan dilakukan di tempat-tempat lain di Badung. Pihaknya berkomitmen agar setiap desa di Badung bersih dari narkoba melalui operasi Desa Bersih dari Narkoba (Desa Bersinar).

“Dalam razia ini kami bersinergi dengan pihak Desa Canggu, TNI, Polri, dan Satpol PP Kabupaten Badung,” tandas AKBP Masmini.

Sementara itu Kepala Desa Canggu I Nengah Lana apresiasi langkah dari BNNK Badung melaksanakan operasi ini. Dia berharap agar operasi ini berkelanjutan. Diharapkan langkah pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di desanya berhasil. “Saya berharap agar kegiatan ini memberikan pelajaran agar masyarakat Canggu memiliki sikap tanggap dan menolak segala bentuk ajakan penyalahgunaan narkoba,” kata Nengah Lana. *po

Komentar