nusabali

Bertanding dan Bersilahturahmi: Serba-Serbi Kapolda Cup 2019

  • www.nusabali.com-bertanding-dan-bersilahturahmi-serba-serbi-kapolda-cup-2019

Setelah sukses dengan diadakannya cabang olahraga bela diri Kempo pada Pekan Olahraga Seni dan Pelajar pekan lalu, seluruh kenshi dari berbagai kalangan usia kini kembali bersiap dalam Kejurnas Shorinji Kempo Open Championship, Kapolda Cup 2019.

MANGUPURA, NusaBali.com
Sesuai namanya, kejuaraan ini diselenggarakan oleh Kepolisian Republik Indonesia, diikuti oleh satuan Polda/ Polri seluruh Indonesia. Adapun kejuaraan berskala nasional ini pertama kali diadakan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-73.  

Adapun kejuaraan ini diikuti oleh 416 kenshi yang merupakan perwakilan dari 19 kabupaten / kota di seluruh Indonesia. 416 kenshi ini kemudian akan memperebutkan 90 medali dari 26 nomor yang dipertandingkan dengan rincian 7 nomor Randori Putra, 5 Nomor Randori Putri, 11 nomor Embu Berpasangan, dan 3 nomor Embu Beregu. Pertandingan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 28-30 Juni 2019 bertempat di Gedung Olahraga Purna Krida, Denpasar, Bali. 

Kejuaraan ini dibuka oleh Kapolda Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose selaku Ketua Dewan Kehormatan Perkemi Bali, pada Sabtu, 29 Juni 2019. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa selain untuk menemukan atlet-atlet berbakat, kejuaraan ini juga diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas Kapolda / Kapolri seluruh Indonesia. Hal ini merupakan tindak lanjut dari dibentuknya satuan khusus yang terdiri dari anggota kepolisian yang menguasai seni bela diri Kempo. Selain itu, beliau menyambut seluruh kenshi yang bertanding hari ini untuk menikmati keramahan Pulau Bali yang terkenal dengan keramah-tamahan budayanya sekaligus untuk menjalin tali silahturahmi dengan para kenshi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Yang membuat kejuaraan ini berbeda dari kejuaraan bela diri Kempo yang lain adalah upacara pembukaan kejuaraan yang berlangsung meriah. Selain membuka kejuaraan secara resmi, Kapolda Irjen Pol. Dr. Petrus Golose juga sempat mendemonstrasikan teknik kuncian Kempo di hadapan seluruh kenshi dan hadirin yang sebagian besar merupakan anggota kepolisian daerah dari seluruh Indonesia. Tak pelak, peragaan ini mendapat applaus meriah dari para hadirin. Upacara pembukaan kejuaraan Shorinji Kempo Open Championship 2019 ini ditutup dengan demonstrasi teknik bela diri Kempo oleh para kenshi yang merupakan perwakilan atlet kabupaten/kota di Bali. Kejuaraan ini secara resmi dibuka dengan pertandingan Randori (tarung bebas) putra kelas 75 kg sebagai partai pembuka. *yulia

Komentar