nusabali

Latihan Pengamanan VVIP Kodam IX/Udayana Ditutup

  • www.nusabali.com-latihan-pengamanan-vvip-kodam-ixudayana-ditutup

Digelar Simulasi Melumpuhkan Penyusup Bawa Bom

MANGUPURA, NusaBali

Suasana menegangkan terjadi pada acara konferensi internasional di Bali Internasional Covention Center (BICC), Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Sabtu (13/7). Konferensi yang dihadiri oleh presiden itu tiba-tiba disusupi oleh seorang penyusup dan membawa bom.

Pasukan pengamanan pun gerak cepat mengamankan presiden beserta para delegasi dan melumpuhkan penyusup bawa bom tersebut. Situasi yang menegangkan itu pun reda setelah personel Jihandak TNI berhasil meledakan bom yang dibawa penyusup.

Adegan menegangkan ini merupakan skenario rangkaian Latihan Pengamanan (Lapan) VVIP oleh personel Kodam IX Udayana pada penutupan acara Lapan VVIP yang digelar sejak 9 Juli di BICC, Nusa Dua. Tak hanya itu dalam kegiatan penutupan ini juga dilakukan latihan untuk meloloskan dan evakuasi tamu VVIP dari lokasi pertemuan dengan menggunakan kendaraan taktis (Rantis) milik TNI.

Dalam kegiatan latihan penutupan kemarin dihadiri oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Danrindam IX/Udayana, Para Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, dan Tim Wasevlat Mabes TNI.

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, mengungkapkan latihan yang digelar selama lima hari itu dilaksanakan untuk memelihara profesionalisme satuan dalam melaksanakan tugas Pam VVIP. Tugas Pam VVIP  merupakan bagian dari rumusan tugas pokok TNI yang dijabarkan dari tugas operasi militer selain perang.

“Ada 14  tugas operasi militer selain perang, salah satunya PAM VVIP.  Karena ini adalah bagian dari tugas pokok kita maka ini menjadi latihan yang dianggarkan dan setiap tahun kita lakukan," tutur Mayjen Benny Susianto. *pol

Komentar