nusabali

Posisi Ketua PAC PDIP di Bangli Jadi Incaran

  • www.nusabali.com-posisi-ketua-pac-pdip-di-bangli-jadi-incaran

Posisi ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP se-Bangli belum terisi. Posisi ketua PAC ini pun menjadi incaran para kader.

BANGLI, NusaBali
Di PAC PDIP Kintamani, disebut-sebut ada beberapa kader yang berpeluang untuk posisi tersebut, seperti I Wayan Artom Krisna Putra, Putu Arya Astawa dan I Wayan Wirya. Sebelumnya posisi Ketua PAC Kintamani diduduki oleh almarhum Jro Made Bawa.

Sumber di internal PDIP Bangli mengatakan untuk pengisian posisi ketua PAC nanti akan ditentukan lewat rapat istimewa DPC PDIP Bangli. Akan ada beberapa kriteria nantinya akan dijadikan penilaian untuk menentukan kader yang menduduki posisi ketua PAC.

“Untuk menentukan ketua PAC lewat rapat  istimewa DPC, dan penentuan nama sebelum pelantikan anggota DPRD Bangli terpilih,” ungkap sumber ini, Jumat (11/7).

Lebih lanjut, sumber yang menolak disebutkan namanya ini menyebutkan, jika melihat peluang memang ada di tiga kader yang berpeluang menjadi ketua PAC PDIP Kintamani. Namun jika berbicara soal kader yang duduk  fraksi ada dua, yakni I Wayan Wirya dan Putu Arya Astawa. “Kedua kader tersebut lolos dalam Pileg 2019, sehingga praktis duduk dalam fraksi di DPRD Bangli. Memang untuk Kintamani  meloloskan 6 kader baik itu dapil Kintamani Barat dan Timur,” sebutnya.

Pihaknya menilai, ketua PAC yang duduk di fraksi tentunya akan memudahkan dalam berkoordinasi. Sementara jika melihat hasil Pileg tentu  poin tersebut dimiliki I Wayan Wirya yang sebelumnya duduk sebagai bendahara PAC Kintamani. Dalam Pileg I Wayan Wirya berhasil mendulang suara sebesar 5.400 suara, sementara Putu Arya Astawa hanya 2.400 suara. “Perolehan suara Wayan Wirya paling tinggi diantara kader PDIP yang lolos dalam Pileg lalu,” sambungnya.

Lantas disinggung untuk posisi ketua PAC yang lainya, disebutkan untuk posisi Ketua PAC Susut berpeluang diduduki oleh I Dewa Gede Suamba, dan untuk ketua PAC Tembuku akan dipegang oleh Sang Nyoman Wijaya  serta untuk PAC Bangli akan dipegang oleh I Wayan Merta Suteja. Seperti diketahui sebelumnya ketua PAC Susut, Satria Yudha kini menjabat Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDIP Bangli. Ketua PAC Tembuku, I Wayan Subagan yang kini menduduki posisi Wakil Sekretaris Bidang Eksternal. Ketua PAC PDIP Bangli, I Dewa Retno Suparso Mesi.

Secara terpisah Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan untuk pengisian ketua PAC akan dilakukan setelah kongres. “Untuk mekanisme nanti akan ada musyawarah anak cabang dan juga ada panduan dari DPP,” jelasnya singkat. *esa

Komentar