nusabali

Disdikpora Tambah 80 Guru Kontrak SD

  • www.nusabali.com-disdikpora-tambah-80-guru-kontrak-sd

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar menambah sebanyak 80 guru kontrak untuk SD di Kota Denpasar.

DENPASAR, NusaBali

Jumlah tersebut untuk memenuhi kapasitas guru kelas yang sebagian kekurangan karena penambahan kelas dan pensiun. Pendaftaran sudah dimulai pada Jumat (12/7) yang akan berakhir Sabtu (13/7) hari ini.

Pihak pelamar khusus untuk tamatan PGSD dengan nilai IPK minimal 2,50 dan umur minimal 21 tahun maksimal 35 tahun. Penambahan tersebut merupakan kebutuhan 167 sekolah SD di Denpasar. Diantaranya, 40 guru untuk memenuhi pengganti pegawai yang pensiun, sedangkan 40 guru lainnya untuk penambahan kelas masing-masing sekolah.

Kepala Disdikpora Kota Denpasar, I Wayan Gunawan, mengatakan, penambahan tersebut sesuai dengan permintaan masing-masing sekolah untuk memenuhi guru kelas. Masih banyak sekolah yang memerlukan guru kelas, apalagi saat ini dengan pendaftaran siswa baru yang cukup banyak membuat sekolah harus menambah kelas baru.

Hal itulah menjadi acuan sekolah untuk kembali mengajukan penambahan guru. "Ini permintaan dan kebutuhan sekolah. Jadi mereka mengajukan berapa kebutuhannya, untuk saat ini baru 80 guru setengahnya pengganti guru yang pensiun, setengahnya lagi guru kontrak untuk memenuhi penambahan kelas yang dilakukan beberapa sekolah SD di Kota Denpasar," jelasnya.

Kata Gunawan, kemungkinan permintaan penambahan guru kelas pasti akan betambah. Sebab, hingga saat ini belum keseluruhannya melaporkan kebutuhan guru. Pelaporan kata Gunawan, baru akan selesai, Senin (15/7) nanti. "Kami belum tahu penambahannya berapa, yang jelas pasti akan ada permintaan. Sebab sampai sekarang belum keseluruhan melaporkan berapa siswa yang mereka tampung di masing-masing sekolah," ujarnya.

Jika ada permintaan penambahan lagi, kata Gunawan, tidak akan ada perekrutan kembali. Pihaknya akan berkoordinasi ke pihak sekolah untuk memberdayakan guru kelas yang baru diangkat untuk bisa bertugas mengambil kelas yang kosong. Hal itu untuk mengefektifkan guru yang ada saat ini. Jika memang belum terpenuhi, pihaknya mengaku akan kembali mendiskusikan hal tersebut apakah perlu perekrutan kembali atau tidak," jelasnya.

Untuk diketahui, setelah pendaftaran dibuka, pelamar guru kontrak akan dilakukan tes kompetensi pendidikan (wawancara) pada 17-19 Juli 2019 di Lantai II Rumah Pintar, Jalan Kamboja, Denpasar, dari pukul 08.00 Wita sampai selesai. *mis

Komentar