nusabali

Kesenjangan Gaji Makin Tinggi

  • www.nusabali.com-kesenjangan-gaji-makin-tinggi

Perusahaan konsultan global Korn Ferry mengeluarkan hasil riset yang menyatakan bahwa rata-rata peningkatan kesenjangan gaji antara manajer level tinggi dan karyawan level bawah sejak 2008 hingga sekitar saat ini di Indonesia adalah sebesar 12,7 persen.

JAKARTA, NusaBali

"Peningkatan kesenjangan gaji antara karyawan level bawah dan karyawan dengan level lebih tinggi di Indonesia adalah 12,7 persen, tetapi masih lebih rendah dari rata-rata Asia yaitu 15,3 persen," kata Principal Korn Ferry Indonesia, Amanda Ryadi, Kamis (11/7).

Berdasarkan studi yang dilakukan Korn Ferry, kata dia, kesenjangan gaji karyawan level bawah dengan level manajer senior semakin tinggi di setiap wilayah di dunia sejak 2008. Di Asia kenaikan kesenjangan gaji yang dramatis terjadi di India dengan kenaikan kesenjangan sebesar 66 persen dan Hong Kong terendah pada 2,2 persen.

Korn Ferry merekomendasikan agar perusahaan mengambil tiga langkah untuk mengelola kesenjangan gaji di antara karyawan yaitu yang pertama adalah memahami semua faktor dalam organisasi dan pasar di negara tempat perusahaan itu berada.

"Kaitan industri dan pasar penting dalam memahami dan mengkomunikasikan kesenjangan gaji di perusahaan Anda. Model industri dan operasi, bersama dengan kekuatan dan kondisi pasar lokal, dapat mempengaruhi besarnya kesenjangan gaji antara karyawan level atas dan bawah. Misalnya, industri ritel akan memiliki jenis kesenjangan gaji yang berbeda dan alasan yang berbeda untuk itu, dibandingkan perusahaan jasa profesional," ucapnya.

Selain itu, ujar dia, penting bagi perusahaan untuk menunjukkan kepada karyawan jalur karier yang transparan dan peluang untuk berkembang di dalamnya. Dengan kesenjangan gaji yang lebih besar antara karyawan level atas dan bawah, terdapat manfaat yang lebih besar dengan setiap promosi/kenaikan pangkat yang dicapai.

Perusahaan, lanjutnya, dapat membantu karyawan mengembangkan diri untuk memanfaatkan peluang ini dengan menunjukkan jalur karier yang terdokumentasi kepada mereka. Perusahaan juga akan memperoleh loyalitas yang lebih besar dan mendorong karyawan berbakat untuk tetap bertahan.

Ia juga mengungkapkan bahwa hasil studi menunjukkan bahwa sejumlah karyawan percaya gaji mereka ditetapkan secara sewenang-wenang, sehingga sangat penting agar perusahaan mengomunikasikan metode yang jelas dan konsisten serta apa kebijakan gaji di perusahaan. "Jelaskan apa arti tingkat pekerjaan dan bagaimana gaji mereka ditentukan," ujarnya. *ant

Komentar