nusabali

Jelang Galungan dan Kuningan, Badung Gelar Pasar Murah

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-dan-kuningan-badung-gelar-pasar-murah

Pemerintah Kabupaten Badung menggelar pasar murah menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan.

MANGUPURA, NusaBali

Pasar murah yang diikuti 38 pelaku usaha dan kelompok usaha UKM ini dipusatkan di timur Jaba Pura Lingga Bhuana Puspem Badung, Mangupraja Mandala, Rabu (10/7). Pasar murah dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Badung I Ketut Karpiana. Acara tersebut dihadiri Ketua TP PKK Badung Ny Seniasih Giri Prasta, Ketua Gatriwara Ny Ayu Parwata, Wakil Ketua II Ny Rasniathi Adi Arnawa, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ny Nisya Yoga Segara, beserta organisasi kewanitaan yang lainnya.

Karpiana menyampaikan kegiatan pasar murah ini dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan pada akhir Juli ini. Seperti biasa menjelang hari raya, harga bahan kebutuhan pokok dan kebutuhan hari raya meningkat yang mengakibatkan daya beli masyarakat menjadi berkurang. “Pemerintah mempunyai kewajiban untuk mengambil langkah-langkah preventif agar harga bisa stabil. Salah satunya dengan mengadakan pasar murah seperti sekarang ini,” ujar Karpiana.

Menurut Karpiana, pasar murah terselenggara bekerjasama dengan perangkat daerah terkait seperti Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Pangan, Bulog, UKM, Kelompok Wanita Tani (KWT), dan para pelaku usaha perdagangan dengan komoditas bahan pokok. “Bapak bupati sudah berpesan kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk mengambil langkah-langkah dalam upaya mengendalikan inflasi seperti meningkatkan produksi pangan, menerapkan teknologi produksi pangan, memantau kecukupan stok pangan, mengawasi dan memantau distribusi pangan,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia yang juga Kabid Perdagangan Ketut Gede Suwedharma, menyampaikan kegiatan pasar murah semata-mata untuk membantu masyarakat mendapatkan harga yang lebih murah dari harga di pasar. Selain untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sarana upacara keagamaan dalam rangka menyambut Galungan dan Kuningan. “Rencananya pasar murah ini dilaksanakan selama tiga hari, berlangsung pukul 07.30 sampai 17.00 Wita,” tuturnya. *asa

Komentar