nusabali

Krama Banjar Belatung Dapat Bantuan Air Bersih

  • www.nusabali.com-krama-banjar-belatung-dapat-bantuan-air-bersih

Krama Banjar Belatung, Desa Rendang, Kecamatan Menanga, Karangasem yang terdampak kekeringan dapat bantuan air bersih, Senin (8/7).

AMLAPURA, NusaBali

Bantuan air bersih didistribusikan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bali bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Lembaga ini mengirimkan mobile water tank dengan kapasitas 6.000 liter air. Aksi ini akan terus digarap hingga sepekan mendatang menyasar daerah lain di Karangasem yang terdampak kekurangan air bersih.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terdapat potensi kekeringan meteorologis (iklim) di sebagian besar Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara dengan kriteria panjang hingga ekstrem. “Dari hasil analisis BMKG, teridentifikasi adanya potensi kekeringan meteorologis yang tersebar di sejumlah wilayah,” kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/7). Berdasarkan perkiraan tersebut ACT Bali dan MRI bergerak cepat mendistribusikan bantuan air bersih ke sejumlah tempat di Karangasem.

Ketua MRI Karangasem, Rahman, mengatakan ACT Bali menjadi lembaga yang pertama datang dan mendistribusikan air bersih untuk warga di wilayah Desa Menanga. Sebelumnya warga harus membeli air bersih setiap memasuki musim kemarau panjang. Krama Banjar Belatung beli air bersih Rp 150.000/4.000 liter. “Krama sangat berterima kasih dengan adanya bantuan air bersih ini. Mereka belum pernah dapat bantuan air bersih seperti ini,” ungkap krama setempat, Wayan Dharma. *

Komentar