nusabali

Bupati Mas Sumatri Kocok Ulang 19 Pejabat Eselon II

  • www.nusabali.com-bupati-mas-sumatri-kocok-ulang-19-pejabat-eselon-ii

Kursi Jabatan Kepala Bappeda Litbang dan Kadis Perindag Karangasem Dikosongkan Sementara

AMLAPURA, NusaBali

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri lakukan mutasi besar-besaran, Selasa (9/7). Ada 19 pejabat Eselon II lingkup Pemkab Karangasem yang dikocok ulang atau dimutasi (rolling) sebagai upaya penyegaran. Sedangkan 2 jabatan Eselon II dibiarkan kosong ‘tanpa tuan’, yakni posisi Kepala Bappeda & Litbang Karangasem dan Kepala Dinas Perindustrian & Perdagangan (Kadis Perindag).

Dari 19 pejabat Eselon II lingkup Pemkab Karangasem yang dimutasi Bupati Mas Sumatri, Selasa kemarin, termasuk di antaranya I Ketut Wage Saputra, Kasat pol PP yang dialihkan menjadi Kadis Pengendalian Penduduk dan KB. Posisi Kasat Pol PP yang ditinggalkan Wage Saputra diisi oleh I Wayan Sutapa, yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra.

Sedangkan Kadis PUPR Karangasem, I Ketut Sedana Merta, dimutasi menjadi Kadis Pariwisata, untuk menggantikan I Wayan Astika yang dialihkan sebagai Kadis Perpustakaan dan Kearsipan. Sementara I Komang Daging, yang sebelumnya menjabat Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, dialihkan menjadi Kadis Komunikasi dan Informatika Karangasem yang selama ini lowong.

Sebaliknta, Kepala Bappeda Litbang Karangasem, I Made Sujana Erawan, dialihkan menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah. Made Sujana Erawan yang sempat merangkap Plt Sekda Kabupaten Karangasem ketika Gede Adnya Muliadi sakit ini, menggantikan I Nengah Mindra, yang dialihkan menjadi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Posisi Kepala Bappeda Litbang yang ditinggalkan Sujana Erawan, kini masih dibiarkan kosong. Sedangkan untuk 14 pejabat Eselon II Pemkab Karangasem lainnya yang dimutasi, selengkapnya lihat boks.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 19 pejabat Eselon II yang kena mutasi tersebut dilakukan Bupati Mas Sumatri di Aula Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Selasa siang pukul 14.30 Wita. Bupati Mas Sumatri menyatakan, mutasi besar-besaran ini dilakukan sebagai upaya penyegaran dan memotivasi semangat kerja jajarannya.

"Sebab ada pejabat yang telah 2 tahun lebih bertugas di satu tempat, sehingga mereka perlu penyegaran, agar lebih berkembang dan terinovasi di tempat tugasnya yang baru," papar Mas Sumatri dalam arahannya.

Sementara itu, 2 jabatan strategis, yakni Kadis Perindag Karangasem dan Kepala Bappeda & Litbang Karangasem, masih dibiarkan kosong tanpa tuan. Posisi Kadis Perindag Karangasem praktis lowong setelah pejabat sebelumnya, I Gusti Ngurah Suarta, memasuki masa pensiun. Sedangkan posisi Kepala Bappeda Litbang menjadi lowong, setelah Made Sujana Erawan dimutasi sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Karangasem.

Menurut Bupati Mas Sumatri, pengisian jabatan Kadis Perindag dan Kepala Bappeda & Litbang nantinya akan dilakukan melalui proses lelang (seleksi terbuka), yang melibatkan para pejabat Eselon III a. "Nanti kami buka lelang jabatan, dengan terlebih dahulu mesti minta izin ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)," tandas Mas Sumatri.

Mas Sumatri menyebutkan, izin ke KASN di Jakarta akan diajukan sebelum Hari Raya Galungan, 24 Juli 2019 nanti. Namun, pelaksanaan lelang oleh Tim Seleksi (Timsel) yang diketauai Sekda Karangasem baru akan dilakukan setelah Hari Raya Kuningan, 3 Agustus 2019 mendatang.

Sementara itu, untuk mengisi kekosongan jabatan Kadis Perindag dan Kepala Bappeda & Litbang Karangasem, nantinya akan ditunjk pejabat Pelaksana Tugas (Plt). Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Karangasem, I Gusti Gede Rinceg, Plt Kadis Perindag dan Plt Kepala Bappeda Litbang baru akan mulai diproses, Rabu (10/7) ini.

Menurut IGG Rinceg, posisi Plt Kadis Perindag Karangasem sebelumnya dirangkap oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang, I Nengah Toya. Namun, setelah Nengah Toya dimutasi menjadi Kadis Koperasi dan UMKM, Selasa kemarin, posisinya sebagai Plt Kadis Perindag Karangasem dicabut.

Dikonfirmasi NusaBali seusai mutasi, Seasa kemarin, Made Sujana Erawan menyatakan siap mengemban tugas barunya sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Karangasem. “Saya siap melaksanakan tugas yang diberikan. Saya akan berusaha menekan kebocoran dan mengoptimalkan pendapatan sesuai potensi, sehingga PAD Karangasem tercapai sesuai target,” tandas Sujana Erawan. *k16

loading...

Komentar