nusabali

Bajatani Mampu Usir 4 Jenis Hama

  • www.nusabali.com-bajatani-mampu-usir-4-jenis-hama

Komunitas Bajatani (Bangga Jadi Petani) Karangasem di Subak Embukan, Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem buat inovasi untuk usir hama tanaman. Hasilnya, empat jenis hama yakni burung, wereng, walang sangit, dan tikus mampu dikendalikan.

AMLAPURA, NusaBali

Hanya kepiting yang belum mampu mereka usir.  Pendiri Bajatani, I Ketut Semadiyasa mengungkapkan selama ini paling sulit mengendalikan hama burung dan tikus. Krama tani beberapa kali berburu tikus, hasilnya belum memyaskan. Krama juga beberapa kali menggelar ngaben bikul namun hama tikus tetap saja menyerang tanaman padi. “Dengan bajatani kami telah mampu mengatasi hama burung dan hama tikus,” ungkap Semadiyasa, Senin (8/7). Cara menangani hama tikus dengan melakukan penyemprotan gas belerang ke dalam lubang tikus. Tikus dipastikan mati setelah menghirup asap belerang. Muncul jug aide memelihara burung hantu sebagai predator alami tikus. Sehingga pemakaikan belerang bisa dihentikan.

Sedangkan mengusir hama burung dengan menyemprotkan cairan high protektor ke buah padi yang mulai tumbuh. Cukup menyemprotkan setiap sebulan sekali sebanyak dua kali. High protektor baunya menyengat, burung tidak tahan mencium bau tersebut. Begitu burung hinggap di batang padi, langsung pergi karena mencium bau high protektor. Melenyapkan hama wereng dengan memasang lampu bertenaga solar sistem ditancapkan di tengah sawah. Di tengah lampu diisi cobek berisi air. Malam hari lampu menyala, hama wereng akan mencari cahaya, setelah lampu didekati akan jatuh ke cobek yang berisi air sehingga hama itu tertampung dalam cobek.

Pengendalian walangsangit dengan menyemprotkan insektisida di sore atau malam hari. Sebab di malam hari, hama itu muncul ke atas permukaan daun. Sedangkan pagi hari hingga siang hari, walangsangit masih sembunyi di balik daun. “Jadi petani yang benar mesti bersabar untuk mendapatkan hasil optimal. Salah satunya saat melakukan penanganan beragam jenis hama,” kata Semadiyasa. Hanya hama kepiting yang belum bisa dikendalikan. Kepiting muncul di malam hari merayap di pematang sawah, kemudian memotong batang padi. *k16

Komentar