nusabali

Rencana Razia Bocor, Puluhan PKL Berhasil Kabur

  • www.nusabali.com-rencana-razia-bocor-puluhan-pkl-berhasil-kabur

Tim Yustisi Satpol PP Tabanan melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) di kawasan objek wisata Danau Beratan dan Kebun Raya Eka Karya, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Senin (8/7).

TABANAN, NusaBali

Sayangnya rencana penertiban tersebut diduga bocor sehingga hanya dua PKL yang berhasil diamankan, sementara puluhan PKL lainnya berhasil kabur.

Kepala Satpol PP Tabanan I Wayan Sarba mengatakan penertiban dilakukan berdasarkan laporan masih ada PKL yang berjualan di sisi Danau Beratan. Padahal sudah berulang kali diberikan pembinaan, namun tetap membandel. “Agar tidak semrawut dan mengganggu arus lalulintas kami lakukan penertiban,” ungkapnya.

Namun saat ditertibkan, menurut Sarba, banyak PKL kabur dan meninggalkan barang dagangan. Dia menduga rencana penertiban sudah bocor. “Banyak yang lari, kemungkinan informasi bocor. Barang dagangan yang ditinggalkan pemiliknya, kami angkut semua dengan membawa dua truk,” ucapnya.

Sedangkan pedagang yang berhasil terjaring langsung dilakukan pendataan dan akan dipanggil pada 30 Juli mendatang. “Banyak wajah lama, tetapi ada juga wajah baru dan jumlahnya sudah mulai banyak sampai puluhan tadi yang lari,” ungkap Sarba.

Sarba menegaskan, penertiban dan penindakan ini diharapkan dapat menumbuhkan efek jera dan kesadaran dari semua pihak agar menaati aturan untuk tidak berjualan di tempat yang memang dilarang. “Tolong patuhi aturan. Jika dibiarkan berjualan di sana, areal wisata akan kumuh dan mengganggu para wisatawan,” tandasnya. *des

Komentar