nusabali

Lansia Potensial Dibantu Mesin Rajang Multifungsi

  • www.nusabali.com-lansia-potensial-dibantu-mesin-rajang-multifungsi

Dinas Sosial Gianyar memberikan bantuan berupa Mesin Rajang (pengolahan bumbu Bali) multifungsi kepada para warga lansia (lanjut usia) potensial.

GIANYAR,  NusaBali

Bantuan diberikan kepada tujuh lansia dari Desa Bitera Kecamatan Gianyar, Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, Desa Batuan Kaler, Kecamatan Sukawati, Desa Lodtunduh, Kecamatan Ubud, Melinggih, Kecamatan Payangan, Pupuan, Kecamatan Tegallalang, dan Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring.

Plt Kepala Dinas Sosial Gianyar I Made Watha menjelaskan bantuan mesin rajang multifungsi ini untuk memberdayakan lansia potensial. Diharapkan, bantuan ini agar dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. "Usia boleh tua, tapi mereka dari segi fisik masih potensial untuk beraktivitas. Sehingga dengan diberikan mesin ini mereka punya kegiatan daripada bengong-bengong menghabiskan hari tua," jelasnya.  

Kata Wata, Mesin Rajang multifungsi ini punya banyak kegunaan antara lain untuk menggiling daging, merajang bumbu rempah, memarut kelapa dan memotong nangka maupun pepaya. ‘’Tak dapat dipungkiri, apa-apa sekarang serba praktis. Sehingga zaman now, mesin ini cukup diminati oleh masyarakat Bali, khususnya untuk kegiatan Paebatan,’’ jelasnya.

Wata menjelaskan, biasanya alat ini disewa di tempat lain. Para lansia juga diharapkan mampu menangkap peluang membuka usaha pembuatan bumbu rajang. "Di pasaran kan sekarang lagi ramai, bumbu rajng dijual dengan kemasan kecil. Jadi itu potensi usaha guna meningkatkan taraf hidup," jelasnya.

Dia juga berharap agar bantuan yang diberikan tersebut benar-benar dimanfaatkan dan digunakan untuk meningkatkan pendapatan.*nvi

loading...

Komentar