nusabali

Wujudkan Sport Tourism Destination Badung Bangun Stadion Bertaraf Internasional

  • www.nusabali.com-wujudkan-sport-tourism-destination-badung-bangun-stadion-bertaraf-internasional

Dalam rangka menjadikan Kabupaten Badung sebagai sport tourism destination, kini tengah dirancang pembangunan stadion bertaraf internasional, salah satunya di wilayah Kecamatan Mengwi dan satu lagi di Kecamatan Kuta Selatan.

MANGUPURA, NusaBali

Pembangunan stadion bertaraf internasional di Kecamatan Mengwi, dengan cara merenovasi GOR Mengwi. Sementara di Kecamatan Kutsel, stadion bertaraf internasional akan dibangun di kawasan Tanjung Benoa, jadi satu lokasi dengan Bali Sport Hub.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung IB Surya Suamba, saat pembekalan Pekan Informasi Pembangunan (PIP) 2019 ke Palembang 9-12 Juli 2019. Pembekalan PIP di Puspem Badung dibuka oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Wakil Bupati I Ketut Suiasa dan anggota DPRD Badung Ida Bagus Alit Argapatra, Senin (8/7). Hadir pula Asisten I Pemerintahan dan Kesra Ida Bagus Yoga Segara, Kepala Dinas PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba, sejumlah pimpinan OPD di Pemkab Badung, serta wartawan.

“Berdasarkan masterplan nanti akan dibangun kawasan seperti sport tourism. Sehingga stadion yang kita bangun tidak digunakan saat ada event olahraga saja, tapi bisa dipergunakan setiap hari oleh masyarakat,” katanya.

Berdasarkan kajian, GOR Mengwi yang ada di lahan sekitar 5 ha bakal direnovasi total dan akan diperluas kawasannya menjadi 10 ha. “Stadion ini nanti akan memiliki kapasitas 10.721 kursi. Pada bagian atap akan menggunakan atap membrane yang berbahan ringan sehingga tidak memerlukan banyak rangka. Atap membrane juga membikin hawa sejuk, dan yang terpenting tampilannya lebih modern,” kata Surya Suamba.

Anggaran renovasi GOR Mengwi sekitar Rp 250 miliar. “Nanti tidak saja fisik stadion, tapi sekaligus untuk penataan fasilitas pendukung di kawasan GOR Mengwi,” tukasnya. Dia menargetkan proyek tersebut selesai sebelum Porprov Bali 2021 mendatang, karena Badung sebagai tuan rumah.

Selain itu, Pemkab Badung juga merancang Bali Sport Hub bertaraf internasional di wilayah Kecamatan Kutsel. “Bali Sport Hub direncanakan dengan memanfaatkan lahan di wilayah pesisir dan perairan Tanjung Benoa seluas 50 hektare melalui program normalisasi pesisir barat Tanjung Benoa,” paparnya.

Berdasarkan kajian, seluruh bangunan di kawasan Bali Sport Hub akan terhubung satu dengan lainnya. Lengkap dengan fasilitas seperti national stadium dengan kapasitas 55 ribu tempat duduk, indoor stadium dengan kapasitas 12 ribu tempat duduk, dan ada juga yang berkapasitas 3 ribu tempat duduk. Di samping itu juga ada stadion akuatik dengan kapasitas 6 ribu tempat duduk, pusat olahraga air, Sport Hub Badung Museum and Library, Skate Park and Theater, serta ada juga pusat perbelanjaan dan restoran. “Jadi nanti kawasan ini akan ditunjang oleh pembangunan infrastruktur Jalan Lingkar Barat Tanjung Benoa,” ungkapnya.

Bupati Giri Prasta menegaskan akan berupaya maksimal untuk mewujudkan sport tourism destination. Dia pun menginstruksikan Dinas PUPR dan dinas terkait untuk memperbanyak tempat olahraga baik di tingkat kecamatan maupun desa.

Untuk renovasi GOR Mengwi menjadi stadion, lanjut Bupati Giri Prasta, akan menjadi prioritas karena tahun 2021 mendatang Badung akan menjadi tuan rumah Porprov Bali. “Saya mau stadion Mengwi dibangun dengan bagus. Gunakan arsitektur bebadungan konsepnya dikolaborasikan dengan hasil kunjungan di Jakabaring nanti. Tribunnya jangan gunakan beton saja, tidak akan bagus,” imbaunya. *asa

Komentar