nusabali

Sudah 10 Hari, Heli TNI Belum Ditemukan

  • www.nusabali.com-sudah-10-hari-heli-tni-belum-ditemukan

Pencarian Helikopter MI 17 milik TNI AD sudah memasuki hari kesepuluh.

JAYAPURA, NusaBali

Pencarian yang dilakukan dari darat dan udara pun belum membuahkan hasil. "Tim gabungan lakukan pencarian di Kampung Bulangkop dan Kampung Tangen, tapi belum membuahkan hasil," kata Wakil Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi di Kota Jayapura, yang dilansir Antara, Minggu (7/7).

Pencarian lewat udara pun belum membawa hasil. Cuaca mendung dan awan tebal sejak Minggu pagi menghambat upaya pencarian melalui udara.

Semula tim berencana menerbangkan dua helikopter TNI Angkatan Darat, satu helikopter penerbangan sipil, satu pesawat CN 235 MPA milik TNI Angkatan Udara untuk melakukan pencarian, namun akhirnya hanya bisa menerbangkan satu pesawat.

"Hanya bisa dilakukan satu kali penerbangan pencarian," kata Dax Sianturi. Heli Bell 412 dengan nomor registrasi 5185 digunakan untuk menyisir rute Sentani-Lereh-Sentani pada Minggu.

"Heli sempat mendarat di Lereh untuk menunggu cuaca terang kembali sambil melakukan pengisian bahan bakar," katanya.

Sementara dua helikopter lain yang dalam posisi siaga di Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, terpaksa tidak diterbangkan karena awan tebal dan kabut memenuhi langit Oksibil dari pagi hingga sore.

Karena cuaca belum membaik, menurut dia, pencarian melalui udara dihentikan pukul 15.00 WIT dan akan dilanjutkan lagi Senin (8/7).

Pada Sabtu (6/7) kemarin, pencarian dipimpin oleh Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Joshua Sembiring.

"Memang benar, pencarian langsung dipimpin Pangdam Cenderawasih dengan menggunakan pesawat CN 235 milik Maritime Patrol Aircraff, Sabtu (6/7) dengan mengitari sekitar Lereh," kata Dan Lanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo, Sabtu (6/7).

Bowo mengatakan dalam pencarian pada hari Sabtu, belum ada titik terang keberadaan heli yang hilang pada Jumat (28/6) lalu itu. Sebab, kawasan yang menjadi titik pencarian tertutup kabut.

"Pesawat CN 235 sempat berputar dua kali sebelum pilot memutuskan kembali ke Lanud Silas Papare," kata Tri Bowo.

Heli MI 17 hilang di Pegunungan Bintang pada 28 Juni 2019. Helikopter dengan nomor registrasi HA 5138, yang mengangkut 12 orang. *

Komentar