nusabali

SMPN 2 Amlapura Sabet 2 Medali OSN Nasional

  • www.nusabali.com-smpn-2-amlapura-sabet-2-medali-osn-nasional

Siswa SMAN 1 Singaraja Raih Emas

AMLAPURA, NusaBali

SMP Negeri 2  Amlapura menyumbang dua medali di OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat SMP Nasional di Manado yang digelar 30 Juni-6 Juli. Kedua medali itu masing-masing medali perak dari mata pelajaran IPS melalui siswa kelas IX/2 Komang Tri Indra Data dan medali perunggu dari mata pelajaran Matematika melalui siswa kelas VIII/1 I Gede Sadu Surya Guna.

Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Ngurah Kartika mengungkapkan hal itu setiba  mengantar kedua siswanya di Amlapura, Minggu (7/7). Kedua siswa itu mewakili Bali setelah lolos passing grade, dan berhak maju ke babak final OSN Tingkat Nasional, sehingga yang berhak ke OSN Tingkat Nasional dari 34 provinsi sebanyak 136 siswa mata pelajaran IPA, 136 siswa mata pelajaran IPS dan 136 siswa mata pelajaran matematika. Dalam lomba dihadapi mesti melewati beberapa kali tahapan tes.

Hasil akhir katanya, I Komang Tri Indra Data berhak menyabet medali perak sebab nilainya masuk passing grade. Tercatat meraih medali perak di nomor itu ada 10 siswa termasuk Komang Tri Indra Data. Sedangkan medali emas di nomor itu ada 5 siswa dan peraih medali perunggu ada 15 siswa. Secara keseluruhan, I Komang Tri Indra Data masuk peringkat 14 nasional

Sedangkan nomor matematika diikuti I Gede Sadu Surya Guna  meraih medali perunggu masuk peringkat 28 nasional. Medali perunggu di nomor itu ada 28 siswa, sedangkan medali emas dimenangkan 5 siswa dan medali perak sebanyak 10 siswa.

Di OSN Tingkat Nasional  Bali tidak kebagian medali emas dari tiga nomor dilombakan. Peraih medali terbanyak adalah Kontingen Banten dengan 4 emas dan 2 perunggu, disusul DKI dengan 3 emas, 4 perak dan 6 perunggu, Jabar dengan 2 emas, 8 perak dan 6 perunggu, Jateng, Jatim dan Riau masing-masing menyabet 2 emas. Sedangkan Bali hanya mampu berada di peringkat 11 dengan 1 perak dan 1 perunggu.

"Kami tetap bersyukur, atas prestasi kedua siswa dari Karangasem mampu bersaing di tingkat nasional. Kami berharap ke depan prestasi bisa meningkat, tinggal mengoptimalkan pembinaan kepada anak didik yang berbakat," jelas I Gusti Ngurah Kartika.

Apalagi katanya, kualitas pendidikan di Tingkat SMP di Karangasem telah merata, tidak semata-mata didominasi siswa dari Kota Amlapura, siswa yang sekolah di pinggiran juga sering mendulang prestasi.

Di bagian lain Kasek SMPN 2 Amlapura I Wayan Gede Suastika membenarkan anak didiknya menyabet dua medali di OSN Tingkat Nasional di Menado. "Ya, kami juga menyukuri prestasi itu, telah mampu bersaing di tingkat nasional. Walau persaingannya cukup berat setidaknya anak-anak telah mampu menunjukkan kemampuannya," katanya.

Sedangkan di tingkat SMA, OSN Nasional di tempat yang sama, Bali mampu menyabet 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu. Emas satu-satunya dimenangkan siswa dari SMAN 1 Singaraja, Rio Alexander Audino di nomor mata pelajaran Fisika. Medali emas di nomor itu dimenangkan lima siswa termasuk Rio Audino.

Sedangkan juara umum perolehan medali di tingkat SMA OSN Nasional dibukukan DKI dengan 15 emas, 15 perak dan 18 perunggu, peringkat kedua Jabar dengan 7 emas, 8 perak dan 13 perunggu. Bali sendiri di peringkat ke-10. *k16

Komentar