nusabali

Karangasem Sumbang Emas Cerdas Cermat

  • www.nusabali.com-karangasem-sumbang-emas-cerdas-cermat

Kontingen Bali mengukuhkan diri sebagai juara umum dengan 5 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Bali Juara Umum Jampenas 2019


AMLAPURA, NusaBali
Karangasem menyumbang medali emas di Jambore Pasraman Tingkat Nasional, di Hotel Aston Denpasar, berakhir Sabtu (6/7) malam. Medali emas dimenangkan, melalui nomor Cerdas Cermat Tingkat SD, yang merupakan satu-satunya wakil dari Karangasem untuk Kontingen Bali. Dalam final, Tim Karangasem membukukan skor tertinggi 750, mengungguli lawannya Lampung dengan skor 550, Yogyakarta skor 250 dan Sumsel skor 200. Kepala Kementerian Agama Karangasem Dr Ni Nengah Rustini didampingi Kasi Pendidikan Hindu I Wayan Serinada, memaparkan di Kantor Kemenag Jalan Untung Surapati Amlapura, Sabtu (6/7).

Disebutkan, Karangasem meloloskan satu nomor, di nomor Cerdas Cermat Tingkat SD dari Karangasem diwakili Kecamatan Abang, yakni: I Komang Agus Tirta Mahardika siswa kelas V SDN 1 Abang, Desak Gede Bunga Lestari siswi kelas V SDN 2 Abang dan Ni Putu Desa Lestari  siswi kelas VI SDN 3 Ababi.

Saat berlaga di final, Regu Cerdas Cermat wakil Bali itu, mencatat skor tertinggi, mengalahkan regu dari Lampung yang diwakili: AA Sri Ningrum, Ketut Wella Krisanti dan Wayan Nessa Pratiwi, harus puas kebagian medali perak.

Sedangkan Regu Cerdas Cermat Yogyakarta memenangkan medali perunggu diwakili: Satria Bayuna Putra, Kintan Restu Hapsari dan I Putu Shiva Ananda Widiana, dan peringkat keempat Regu Cerdas Cermat Sumsel, diwakili: Putu Chelsi Olivia, I Wayan Bhayu Sastra Wiguna dan Made Aditiya Merta.

Ketiga wakil dari Karangasem selama ini dibina: Kasek SD Negeri 2 Abang I Nyoman Putu Sutirta, guru agama SDN 1 Abang I Nengah Weda dan guru agama SDN 3 Ababi I Nyoman Setiawan.

Utusan dari Karangasem itu memenangkan medali emas setelah menuntaskan babak penyisihan, mesti mengalahkan wakil dari 30 provinsi hingga berlanjut babak final mengalahkan utusan dari 3 provinsi.

"Memang kami sadari, awalnya pasang target menang di Jambore Pasrama Nasional, menjadi beban buat anak-anak. Kenyataannya, tampil tenang di babak final, mampu menyelesaikan semua tahapan dengan baik," jelas Kepala Kemenag Karangasem Dr Rustini.

Prestasi itu berkat kerja keras semua pihak yang memberikan dukungan. Di samping kemampuan anak-anak juga layak diandalkan, memiliki wawasan cukup luas bidang pengetahuan agama, lagi pula intensif menjalani pembinaan.

"Ternyata Karangasem menjadi yang terbaik di Tingkat Nasional, ini kado terakhir bagi kami sebelum pensiun Desember 2019. Semoga prestasi itu berlanjut di tahun-tahun mendatang," harap pejabat dari Banjar/Desa Tegallinggah, Kecamatan Karangasem.

Pembina I Nyoman Putu Sutirta, ayah dari I Komang Agus Tirta Mahardika, menyambut semringah prestasi itu. Bukan saja, prestasi itu dimenangkan buat Kontingen Bali, dan Karangasem lebih mengkhusus lagi membawa nama sekolah. "Kebetulan yang menang, salah satunya merupakan anak kandung kami, kebanggaan kami jadi lengkap," jelas I Nyoman Putu Sutirta.

I Nyoman Putu Sutirta juga berharap, di lomba tahun-tahun berikutnya agar muncul siswa cerdas, untuk meneruskan prestasi itu. Sebagai juara, berhak atas trofi dan uang pembinaan Rp 10 juta.

bertindak sebagai Ketua Dewan Juri Prof Dr I Nyoman Suparka dan Sekretaris Dra Cok Putra Wisnu Wardana. Juga mengukuhkan Kontingen Bali sebagai juara umum dengan 5 emas, 3 perak dan 1 perunggu, jauh mengungguli kontingen provinsi lainnya. *k16

loading...

Komentar