nusabali

Urip: PDIP Cocok Pegang Posisi Menteri Pertanian

  • www.nusabali.com-urip-pdip-cocok-pegang-posisi-menteri-pertanian

Dalam Focus Group Discussion (FGD) di DPP PDIP pada, Kamis (4/7), Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM, Teguh Boediyana, menyatakan posisi Menteri Pertanian tepat dipegang oleh PDIP, agar dapat mewujudkan bagaimana petani menjadi tulang punggung ekonomi kerakyatan.

JAKARTA, NusaBali

Hal ini mendapat tanggapan dari berbagai pihak. Salah satunya dari anggota DPR RI FPDIP Dapil Bali, Made Urip yang empat periode menangani masalah pertanian di Komisi IV. Urip sependapat dengan pernyataan itu. Apalagi senapas dengan jiwa PDIP yang banyak kaum marhaennya.

"Memang sangat cocok kader PDIP menjadi Menteri Pertanian, karena di sini banyak kaum marhaen, petani. Namun semua kewenangan posisi menteri ada di tangan presiden," ujar Urip kepada NusaBali di Kompleks Parlemen, Jumat (5/7).

Urip mengatakan, Indonesia adalah daerah pertanian. Untuk itu, Menteri Pertanian nanti haruslah sosok yang mampu menggarap pertanian dari hulu sampai hilir, dapat memasarkan produk-produk pertanian serta bisa mensejahterakan petani.

Disinggung dirinya berpeluang sebagai kandidat Menteri Pertanian mengingat sudah 20 tahun sebagai wakil rakyat yang membidangi masalah pertanian sehingga memiliki pengalaman mumpuni, Urip menepisnya. Menurut Urip, masih banyak calon lain dari PDIP.

"PDIP itu banyak SDM-nya baik di eksekutif maupun legistatif. Untuk menjadi Menteri Pertanian, yang cocok antara lain Ketua DPP PDIP Bidang Buruh Tani dan Nelayan, Mindo Sianipar. Kalau saya tidak berkhayal menjadi menteri," imbuh Urip seraya tersenyum.

Disinggung tentang menteri asal Bali, khususnya dari PDIP, apakah sudah ada nama-nama yang muncul dalam pembahasan DPP PDIP, pria yang juga sebagai salah satu Ketua DPP PDIP ini menegaskan, belum ada. "Belum ada pembicaraan. Lagipula terkait menteri hak prerogatif presiden," imbuhnya. *k22

Komentar